Kampung Tangguh Semeru Diharapkan Tekan Penyebaran Covid-19

SIDOARJO – Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur, Kombespol Sumardji, menyebutkan keberadaan Kampung Tangguh Semeru bisa menekan penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

“Nantinya ada sekitar 183 Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Sidoarjo, di mana sebanyak 67 di antaranya merupakan percontohan,” kata Sumardji di sela meninjau Kampung Tangguh Semeru di RW12 Waru, Sidoarjo, Jumat.

Ia mengemukakan Kampung Tangguh Semeru di RW 12 Desa Waru ini misalnya, sangat membantu masyarakat, baik yang menjalani isolasi mandiri di rumah maupun di rumah sakit.

“Karena yang sakit merasa tidak terbebani sebab kebutuhannya sudah dibantu oleh para relawan, perangkat desa dan seluruh komponen terkait. Bahkan, semua satgas berjalan sesuai tugasnya. Seperti satgas pangan, satgas kuratif, satgas keamanan, dan satgas lainnya,” katanya.

Menurutnya, Kampung Tangguh Semeru ini juga akan dilombakan, yang inti kriterianya adalah yang sehat jangan sampai sakit dan yang sakit jangan sampai meninggal dunia, dan harus sembuh.

“Untuk memenuhi kebutuhan di Kampung Tangguh ini yaitu bagi yang termasuk dalam satu wilayah ada pengusaha atau orang yang mampu harus membantu keberadaan kampung tangguh atau memenuhi kebutuhan yang terdapat di dalam kampung tangguh tersebut,” katanya.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan testimoni dari dua warga RW12 yang sembuh dari virus corona atau COVID-19.

Salah satunya adalah Wagianto yang mengaku sangat terbantu dengan keberadaan Kampung Tangguh Semeru di Waru Sidoarjo.

“Saya berharap warga yang sedang menjalani perawatan ataupun isolasi untuk menurut dengan tim medis maupun peraturan pemerintah, untuk urusan keperluan pangan di rumah sudah dibantu pemerintah melalui kampung tangguh ini,” ujar Wagianto.

Sedangkan Yasminah, berterima kasih kepada pihak terkait yang telah mendukung kesembuhannya.

“Kalau kita menurut selama menjalani perawatan, maka akan bisa sembuh. Pokok jangan stres, dan makan yang bergizi, minum vitamin serta hidup sehat, Insya Allah dapat segera sembuh,” katanya.

Di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, saat ini terdapat 600 orang yang positif terinfeksi corona atau COVID-19. Selain itu juga terdapat 1.029 orang dalam pemantauan dan 365 pasien dalam pengawasan. (Ant)

Lihat juga...