Kelezatan Bebek Goreng Jerawut Khas Semarang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Bagaimana rasanya jika lengkuas, yang diiris lembut tipis-tipis, menjadi taburan dalam seporsi bebek goreng? Hasilnya ternyata gurih dan lezat. Tidak hanya itu, keberadaan laos (Jawa-red) ini juga dipercaya mampu mengurangi kandungan kolesterol dalam daging bebek.

“Ini yang menjadi ciri khas di sini. Kita gunakan taburan atau jerawut dari lengkuas yang diparut tipis memanjang. Lengkuas ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan darah tinggi,” papar pemilik Dhingklik Rojo, Siti Gunadi Agung Nugroho di Semarang, Sabtu (16/5/2020).

Pemilik Dhingklik Rojo, Siti Gunadi Agung Nugroho, menunjukkan salah satu menu andalan, bebek goreng jerawut, di Semarang, Sabtu (16/5/2020). Foto: Arixc Ardana

Berbeda dengan kremes pada umumnya, penggunaan jerawut lengkuas ini juga tidak banyak mengandung minyak goreng, sehingga terasa garing dan renyah. Gunadi menuturkan, penggunaan daging ayam dan bebek muda, juga menjadi kunci agar cita rasa daging lebih enak dan tidak alot.

“Kita gunakan bebek berusia 40-42 hari, sedangkan ayam potong umur 32 hari, sehingga daging terasa empuk saat disantap. Seluruh bahan daging ini diolah dengan bumbu-bumbu rempah dengan ukuran yang terstandar. Komposisi bumbu masaknya tidak hanya dengan mengira-ngira, namun sudah ada patokannya sehingga cita rasa yang dihasilkan selalu sama dan terjaga,” lanjutnya.

Tambahan plecing glandir dan beragam sambal, menjadikan teman makan yang pas saat menyantap daging ayam atau bebek jerawut. Setelah makan, jangan lupa juga mencoba es Dawet Rojo. Kombinasi antara dawet, buah durian hingga cincau gula jawa, menjadi penutup yang pas.

“Resep dawet rojo ini turun temurun. Rasa manis yang dihasilkan berbeda, hasil penggunaan kayu manis, daun pandan, gula jawa dan bumbu rahasia lainnya,” terang Siti.

Cita rasa daging empuk dengan perpaduan taburan lengkuas nan lezat diakui oleh Siswadi, salah seorang pembeli.

“Rasanya pas, jadi ingin makan terus. Ada banyak warung yang menjual bebek goreng, tapi kalau dengan taburan lengkuas baru ada di sini,” pungkasnya.

Lihat juga...