Kemensos Setujui Usulan Penambahan Penerima BST dari Penajam

PENAJAM – Usulan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengenai penambahan jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19 disetujui Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara, Bagenda Ali mengatakan, Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos telah memberikan BST bagi warga terdampak virus corona. Sesuai DKTS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) penerima BST di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 5.856 Kepala Keluarga (KK). Masing-masing menerima bantuan sebesar Rp600.000.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Penajam Paser Utara, Bagenda Ali – Foto Ant

Dinas Sosial Penajam mengajukan penambahan penerima BST tersebut. “Kami telah ajukan usulan tambahan penerima bantuan tunai sosial kepada Kemensos sekitar 3.820 KK sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak virus corona. Kemensos setuju dengan usulan itu dan akan menyalurkan kembali bantuan tunai sosial dengan besaran yang sama untuk 3.820 KK,” ungkap Bagenda Ali, Kamis (28/5/2020).

Namun, Dinas Sosia Penajam belum mengetahui waktu penyaluran bantuan sosial tunai kepada 3.820 KK penerima tambahan yang diusulkan tersebut. Ia berharap dalam waktu dekat KK tambahan itu sudah dapat menerima BST dari Kemensos, karena warga sangat membutuhkannya. Penyaluran BST dari Kemensos, dilakukan secara langsung ke rumah-rumah warga penerima, sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. “Pengambilan bantuan sosial tunai tidak dilakukan secara mandiri oleh warga di Kantor Pos untuk menghindari kerumunan massa,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...