Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit Salurkan Bantuan Sembako

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri kembali menyalurkan bantuan paket sembako gratis bagi warga miskin terdampak Covid-19 di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul, belum lama ini.

Suasana penyerahan bantuan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit, belum lama ini. Foto: Jatmika H Kusmargana

Bantuan sembako ini berasal dari Yayasan Damandiri yang merupakan yayasan bentukan Presiden Kedua RI, HM Soeharto, kepada Lumbung Sedekah Kita, Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit. Total ada sebanyak 583 paket sembako dibagikan kepada warga yang membutuhkan di sebanyak 9 pedukuhan/desa Krambilsawit.

Koordinator II Lumbung Sedekah Kita, sekaligus Manajer Keuangan Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Tri Yuliani, mengatakan, seluruh paket sembako itu diberikan pada warga miskin terdampak Covid-19 secara merata, baik yang belum bergabung menjadi anggota koperasi maupun yang telah bergabung menjadi anggota koperasi.

“Penerima bantuan ini meliputi sebanyak 459 anggota koperasi, serta 124 warga non-anggota koperasi. Sasarannya adalah warga yang belum menerima bantuan dari pemerintah. Bantuan paket sembako sendiri berupa beras sebanyak 5 kilogram dan telur 1,5 kilogram,” ungkapnya.

Koordinator II Lumbung Sedekah Kita, sekaligus Manajer Keuangan Koperasi KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Tri Yuliani, saat ditemui Cendana News, belum lama ini. Foto: Jatmika H Kusmargana

Yuli berharap adanya bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat Desa Krambilsawit, khususnya mereka yang terdampak virus Corona atau Covid-19. Pasalnya semenjak pandemi virus Corona, banyak masyarakat Desa Krambilsawit yang tak punya penghasilan akibat tak bisa bekerja.

“Mayoritas warga Desa Krambilsawit merupakan kelompok ekonomi aktif. Seperti pedagang makanan dan lain-lain. Sehingga sejak adanya Corona, mereka tidak bisa berjualan dan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Mudah-mudahan adanya sedikit bantuan ini dapat meringankan beban mereka,” pungkasnya.

Lihat juga...