KUD Pelita Sejahtera Mandiri Bantu Pelaku UKM Terdampak Covid-19

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri ikut berkontribusi besar dalam membantu para pelaku usaha kecil terdampak Covid-19 di kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Selain memberikan keringanan berupa penangguhan pembayaran angsuran pinjaman modal usaha bagi anggota, Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon juga turut menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19. Hal ini dilakukan berkerjasama dengan berbagai pihak mulai dari pemerintah, donatur swasta hingga masyarakat.

Manajer Umum Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, Amanullah, mengatakan, ada ratusan bahkan ribuan warga di Desa Cerdas Mandiri Lestari Dieng Kulon terdampak Covid-19. Sejak beberapa bulan terakhir mereka tak bisa mendapat pemasukan, akibat kawasan wisata Dieng ditutup. Padahal mayoritas warga bekerja sebagai pelaku usaha kecil di sektor pariwisata.

“Hampir semua warga di kawasan Dieng ini terdampak Covid-19. Sebab mereka tak bisa lagi berjualan makanan, oleh-oleh ataupun menjalankan usaha di bidang pariwisata lainnya. Hanya warga yang berprofesi sebagai petani saja, yang mungkin tidak terlalu merasakan,” katanya kepada Cendana News, Jumat (29/5/2020).

Untuk membantu perekonomian para pelaku UKM tersebut, KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon sendiri tak henti menggalang berbagai bantuan. Selama beberapa bulan terakhir mereka bahkan telah menyalurkan lebih dari 1000 paket bantuan dari berbagai pihak untuk meringankan beban warga.

“Ada lebih dari 1200 bantuan sembako yang kita salurkan pada 1200 KK warga terdampak Covid-19 selama beberapa waktu terakhir. Bantuan berasal dari berbagai pihak, seperti Yayasan Damandiri, pemerintah, perusahaan swasta hingga donatur sejumlah anggota masyarakat,” ungkapnya.

Keterlibatan koperasi dalam membantu warga pelaku UKM ini menjadi bukti, KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon tidak saja sekadar menjadi lembaga keuangan yang hanya mencari keuntungan semata. Namun juga menjalankan prinsip dan fungsi koperasi di antaranya adalah ikut serta memberdayakan dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Lihat juga...