MUI Teluk Wondama Tiadakan Shalat Id Berjamaah

TELUK WONDAMA, PAPUA BARAT — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, memutuskan untuk meniadakan shalat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah menyusul temuan tiga kasus positif virus Corona pada Sabtu (23/5).

Umat muslim ditekankan melakukan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing, sebagaimana tausyiah MUI Papua Barat

“Kami sudah putuskan untuk solat Idul Fitri di masjid dan mushola dibatalkan dan diganti solat Id di rumah masing-masing. Imbauan kami ini, alhamdulilah diterima dengan baik bahwa tujuan kita adalah mendukung upaya Pemda Kabupaten Teluk Wondama untuk mencegah penyebaran virus corona,” kata Ketua MUI Teluk Wondama, H Abudin Ohoimas, di Manggurai, Sabtu malam.

Sebelumnya Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi, telah meneken surat edaran yang mengizinkan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 H/2020 secara bersama-sama di masjid dan mushala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Salah satu yang menjadi dasar pertimbangan adalah status Teluk Wondama yang masih bebas dari virus Corona alias belum memiliki kasus konfirmasi positif sebagimana tausyiah dari MUI Papua Barat.

Meski batal merayakan ibadah hari kemenangan secara berjamaah di masjid dan mushala, MUI setempat berharap seluruh umat Islam di Kabupaten Teluk Wondama bisa menerima dan memahami keputusan itu sebagai sesuatu yang baik untuk kepentingan banyak orang.

Lihat juga...