Pemkab Mukomuko Hentikan Pembelian Kambing Etawa

MUKOMUKO  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menghentikan program pembelian sebanyak 40 ekor kambing jenis peranakan etawa (PE) karena anggaran program tersebut dialihkan untuk penanganan COVID-19.

“Kegiatan ini sudah di pejabat pengadaan, sudah penjadwalan mengundang penyedia untuk memasukkan penawaran, kini dihentikan dan sesuai dengan arahan sekda kegiatan pengadaan ditunda dulu,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian, Kabupaten Mukomuko, Warsiman, di Mukomuko, Sabtu.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat tahun ini kembali mendapatkan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp170 juta untuk membeli sebanyak 40 ekor kambing jenis PE untuk kelompok tani di daerah ini, atau sama dengan tahun sebelumnya.

Instansinya telah menyelesaikan sejumlah tahapan untuk melaksanakan kegiatan pembelian sebanyak 40 ekor kambing jenis PE dan terakhir tahapan dokumen kegiatan pembelian kambing ini sudah di pejabat pengadaan, sudah penjadwalan mengundang penyedia untuk memasukkan penawaran.

Ia mengatakan, instansinya sampai sekarang belum bisa memastikan sampai kapan kegiatan pembelian puluhan kambing jenis PE ini ditunda. Mudah-mudahan anggaran untuk kegiatan ini kembali dialokasikan dalam APBD perubahan tahun ini.

Ia menyebutkan, sebanyak dua kelompok tani di daerah ini yang diusulkan mendapatkan bantuan yakni ada kelompok yang mendapatkan 30 ekor kambing dan 10 ekor kambing.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian sejak tahun sebelumnya membeli kambing jenis PE untuk masyarakat petani di daerah ini untuk pengembangan hewan ternak ini serta meningkatkan populasi ternak itu dan mendukung persediaan daging kambing di daerah setempat.

Ia menyebutkan, berdasarkan data statistik peternakan yang sudah diverifikasi dan validasi Badan Pusat Statistik (BPS) daerah itu, jumlah populasi kambing pada 2018 mencapai 17.742 ekor. (Ant)

Lihat juga...