Pengajuan Pinjaman Koperasi di Samiran Meningkat 20 Persen

Editor: Koko Triarko

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana. –Dok: CDN

BOYOLALI – Mendekati lebaran Idulfitri, pengajuan pinjaman oleh anggota Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, meningkat signifikan. Meningkatnya kebutuhan masyarakat serta belum meredanya pandemi Covid-19, disinyalir menjadi salah satu penyebabnya. 

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, mengatakan peningkatan pengajuan pinjaman hampir mencapai 20 persen dibandingkan hari-hari biasa. Baik itu oleh anggota koperasi lama, maupun anggota koperasi baru.

“Mendekati lebaran ini pengajuan pinjaman meningkat cukup lumayan. Mencapai sekitar 20 persen. Biasanya setiap lebaran memang seperti itu. Apalagi di tengah situasi seperti sekarang ini (pandemi Covid-19),” ujarnya kepada Cendana News baru-baru ini.

Meski demikian, Bayu menegaskan pihaknya tidak serta merta menyetujui setiap pengajuan pinjaman oleh anggota koperasi. Sesuai arahan Yayasan Damandiri, setiap pencairan pinjaman harus benar-benar diseleksi secara ketat. Hal itu diperlukan agar dana pinjaman modal usaha tepat sasaran dan digunakan untuk hal produktif.

“Arahan Yayasan Damandiri, pencairan harus dibuat lebih selektif. Yakni, untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Karena kita berharap modal pinjaman ini bisa digunakan untuk usaha. Bukan untuk hal konsumtif,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri yang didirikan oleh Presiden Soeharto, sejak 2017 menjalankan program Desa Cerdas Mandiri Lestari di desa Samiran, Selo,Boyolali, Jawa Tengah. Melalui Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Yayasan Damandiri menyalurkan dana pinjaman modal usaha kepada warga desa.

Penyaluran dana miliaran rupiah ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi warga desa Samiran, khususnya warga kurang mampu, untuk mengakses modal bagi pengembangan usaha mereka.

Tujuan akhir dari program ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menghapus kemiskinan di desa yang terletak di lereng gunung Merapi dan Merbabu ini.

Lihat juga...