Penjualan di Member Warung Cerdas Tak Terpengaruh Covid-19

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Oska Maulana, pemilik warung di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap yang menjadi salah satu member Warung Cerdas Wanareja, Rabu (27/5/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

CILACAP — Di tengah pandemi Covid-19, warung milik Oska Maulana, warga RT 02 RW 18, Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap tetap bisa mempertahankan omset penjualannya. Sebab, member dari Warung Cerdas binaan Yayasan Damandiri ini mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan dengan berbelanja di Warung Cerdas Wanareja.

“Belanja di Warung Cerdas bisa diantarkan sampai ke rumah, pilihan barang dagangannya juga banyak, karena Warung Cerdas stok barangnya banyak dan lengkap. Selain itu harganya juga bersaing, sehingga kita di kampung bisa menjual dengan harga bersaing juga,” kata Oska Maulana, Rabu (27/5/2020).

Oska bersama istrinya, Nina sudah membuka usaha warung sembako di kampungnya sejak 1,5 tahun lalu. Sejak pertama buka, ia sudah menjadi member Warung Cerdas.

Seiring berjalannya waktu, usahanya terus berkembang dan omset penjualan mengalami peningkatan. Saat ini dalam satu minggu, Oska bisa berbelanja ke Warung Cerdas sampai 3-4 kali. Dalam satu kali belanja nilainya sekitar Rp700.000 hingga Rp800.000.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, dimana pemerintah mengimbau agar mengurangi aktivitas di luar rumah, Oska mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan belanja yang diantar sampai ke rumah.

“Kita jadi tidak perlu repot-repot berbelanja ke warung, tinggal pesan melalui whatshap dan barang langsung diantarkan,” tuturnya.

Ayah dari dua anak ini mengaku, selama pandemi, omset penjualan warungnya masih stabil. Hal tersebut karena lokasi warung yang berada di desa, sehingga kebanyakan pelanggannya adalah warga sekitar dan harga yang ditawarkan warungnya juga bersaing. Dalam satu hari, omset penjualan di warung milik Oska Maulana mencapai kisaran Rp400.000 hingga Rp500.000.

“Kemarin menjelang lebaran, ada peningkatan penjualan, terutama gula, kopi, telur, kalau beras biasanya saja, karena warga di sini sebagian besar petani dan sedang pada panen,” katanya.

Manager KUD Utama yang mengelola Warung Cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto mengatakan, pihaknya memang memberikan pelayanan pesan-antar kepada pembeli. Ada sekitar 60 member Warung Cerdas yang aktif berbelanja melalui pesan-antar.

“Kalau Pak Oska member kita yang cukup aktif belanja, biasanya yang pesan istrinya, Bu Nina, dalam seminggu bisa 3-4 kali berbelanja, karena warungnya penjualannya cukup bagus,” pungkasnya.

Lihat juga...