Perketat PSBB, Jakarta Selatan Tutup 14 Ruas Jalan

Foto udara kendaraan melintas di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat (27/3/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memperketat Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut dilakukan dengan menutup 14 ruas jalan yang ada di wilayah tersebut.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengatakan, penutupan dilakukan sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. “Arahan Pak Gubernur terkait dengan keluar-masuk Jakarta, harus membawa Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM),” kata Isnawa, Senin (25/5/2020).

Penutupan 14 ruas jalan tersebut telah dibahas dalam rapat koordinasi yang digelar Jumat (22/5/2020). Rapat dipimpin Isnawa, bersama Sekretaris Kota Jakarta Selatan, dan dihadiri pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Kota Jakarta Selatan.

Dalam rakor tersebut juga dibahas penerapan protokol kesehatan, yang harus diperhatikan oleh penumpang transportasi publik pada masa arus balik lebaran. Pembatasan 14 ruas jalan tersebut telah diterapkan sejak H-2 Idul Fitri 1441 Hijriah, dan berlaku hingga batas penetapan PSBB. “Pembatasan keluar-masuk Jakarta ini tujuannya menghambat penambahan kasus COVID-19 di wilayah DKI, khususnya di Jakarta Selatan,” kata Isnawa.

Isnawa yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jakarta Selatan mengatakan, pengawasan dan pengetatan pembatasan PSBB tersebut melibatkan Satpol PP, Sudin Perhubungan, polisi, TNI dan instansi terkait. “Dalam arahan gubernur, terhadap pelanggar dilakukan penindakan oleh Satpol PP dengan pendampingan Sudin Perhubungan, Polisi, TNI dan instansi terkait,” kata Isnawa.

Pembatasan ini dalam rangka mengoptimalisasi Peraturan Gubernur No.33/2020, tentang PSBB di wilayah DKI Jakarta. Serta Peraturan Gubernur No.47/2020, tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Adapun 14 ruas jalan yang ditutup, yakni Jalan Kukusan Raya, Jalan Pemuda 1, Jalan Tanah Baru, Jalan Brigif, Jalan Manggis, Jalan Andara  dan Jalan Merawan. Kemudian Jalan Pangkalan Jati 1, Jalan Pangkalan Jati 2, Jalan Pahlawan, Jalan Bintaro Utama 3, Jalan Pesanggrahan Indah, Jalan H Muchtar Raya (simpang Jalan H Muchtar Raya-Simpang Sawo), Jalan H Muchtar Raya (simpang Jalan Muchtar Raya-Jalan Kedaung 2). (Ant)

Lihat juga...