Situasi Kamtibmas Kalsel di Hari Lebaran Kondusif

Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Nico Afinta, mengecek Pos Operasi Ketupat Intan 2020, Minggu (24/5/2020) – Foto Ant

BANJARMASIN – Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Nico Afinta mengklaim, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerahnya pada hari Lebaran 1441 Hijriah terjaga kondusif.

“Sejak malam takbiran, hingga sepanjang siang, tidak ada kasus menonjol yang terjadi, semuanya terpantau kondusif,” ujar Irjen Nico di Banjarmasin, Minggu (24/5/2020).

Nico menyebut, situasi pandemi COVID-19 telah dipahami masyarakat. Sehingga tidak ada aktivitas seperti tradisi takbir keliling, penyelenggaraan hingga Salat Id berjamaah di lapangan terbuka. “Jika ada yang tetap Salat Id berjamaah di masjid, misalnya di zona hijau, semuanya dilaporkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, jadi kami apresiasi,” ucap jenderal polisi bintang dua tersebut.

Begitu juga tradisi mudik termasuk mudik lokal di dalam provinsi, Nico menyebut nampak tidak terjadi secara signifikan. Arus lalu lintas kendaraan tidak seramai momen lebaran tahun lalu. “Masyarakat sudah tahu ada penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar, dimana ada larangan melintas di perbatasan antar kabupaten dan kota, sehingga tak banyak warga yang ngotot untuk bersilaturahmi ke sanak saudara,” bebernya.

Minggu (24/5/2020), didampingi Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Aneka Pristafuddin, Irjen Nico berkeliling mengunjungi sejumlah Pos Operasi Ketupat Intan 2020, serta Pos Cek Poin PSBB di Kota Banjarmasin. Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk memotivasi anggota yang bertugas, agar tetap semangat dengan bekerja ikhlas tanpa pamrih.

Semuanya demi membantu memutus rantai penyebaran COVID-19. “Saat ini semua masyarakat mungkin menumpahkan amarahnya ke petugas ketika penegakan aturan PSBB, jadi tolong tetap sabar dan kedepankan komunikasi humanis agar masyarakat mengerti bahwa kita hanya menjalankan tugas demi kebaikan bersama,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...