Titiek Soeharto Beri Semangat Warga Terdampak Covid-19 di Jakarta

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Siti Hardiati Haryadi (Titiek Soeharto) tiba di lokasi rumah kontrakan warga paguyuban boneka seni Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di gang Hikmah, di sekitaran pintu 2 TMII bawah, Jakarta, Jumat (22/5/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Titiek Soeharto dengan senyum khasnya langsung menghampiri rumah kontrakan Rahma, salah satu boneka seni TMII. Rahma didampangi ketua paguyuban boneka seni TMII, Maman Setiawan, menyambut salam hangat putri Presiden ke-2 RI, Jenderal Besar HM Soeharto.

“Assalammuallaikum semua sehat, alhamdulillah bisa bertemu, semoga paket sembako ini bisa membantu meringankan pekerja seni TMII,” ujar Titiek Soeharto, dengan ramah.

Rahman dan Maman pun kompak menjawab dengan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Titiek Soeharto ke kontrakan para pemain boneka seni TMII.

Siti Hediati Haryadi (Titiek Soeharto) memberikan sembako sambil berbincang dengan Maman Setiawan, ketua paguyuban boneka seni TMII dan Rahma, anggota, saat memberikan paket sembako dari keluarga besar Pak Harto kepada mereka, di lokasi kontrakan gang Hikmah, pintu 2 TMII bawah, Jakarta, Jumat (22/5/2020). -Foto: Sri Sugiarti

“Terima kasih Ibu Titiek sudah berkenan hadir membantu kami meringankan beban. Sejak TMII tutup sementara karena wabah Covid-19, kami tidak bekerja menghibur pengunjung TMII. Alhamdulillah, sembako ini sangat membantu sekali, dan semoga Covid-19 cepat sirna hingga TMII buka kembali,” ungkap Maman.

Titiek Soeharto pun memberikan semangat agar paguyuban boneka seni TMII tetap semangat dan selalu berdoa, agar wabah Covid-19 segera berakhir.

“Ini boneka seni TMII tinggalnya di satu area di sini? Tetap semangat ya, dan berdoa pada Allah SWT agar Covid-19 berakhir dan bapak-ibu bisa kerja lagi di TMII,” ujarnya.

Kemudian, Titiek Soeharto melangkahkan kakinya ke kontrakan Karti, salah satu anggota paguyuban jamu gendong TMII. Titiek Soeharto pun menyapa mereka dengan ramah, dan memberi semangat, juga berharap agar paket sembako ini dapat meringangkan beban hidup mereka.

“Ini ada paket sembako dari keluarga besar Pak Harto, mohon diterima semoga berkah. Dan, saya titip agar ibu-ibu bacakan Alfatihah untuk Pak Harto, ya,” ucap Titiek Soeharto dengan senyum khasnya.

Titiek Soeharto secara simbolis memberikan paket sembako itu kepada Kasijem, Karti dan Eka.

“Terima kasih, Ibu Titiek. Sembako ini sangat membantu kami karena sudah lama tak jualan jamu di TMII. Kami berharap Covid-19 pergi, dan TMII buka kami bisa jualan lagi,” kata Kasijem.

Kasijem mengaku sejak TMII tutup sementara, para pedagang jamu tidak ada pemasukan. Padahal, biasanya tiap hari dapat dari jualan jamu di area TMII. Hal ini juga diakui Karti, yang sudah 30 tahun jualan jamu gendong di TMII.

“Biasanya sehari dapat Rp100 dari jualan jamu. Praktis sejak TMII tutup tak ada pemasukan. Alhamdulillah, dapat bantuan sembako ini dari Ibu Titiek,” ujarnya.

Titiek Soeharto pun bertanya, ragam jamu apa saja yang didagangkan kepada pengunjung TMII. “Jamunya, apa saja?” tanyanya.

Sontak Kasijem dan Karti, menjawabnya; “Kunyit asem, beras kencur, Ibu,” jawab mereka.

Usai foto bersama mereka, langkah kaki Titiek Soeharto berlanjut ke rumah kontrakan Erni, anggota paguyuban boneka seni TMII.

“Ibu, sehat? Semoga sembako ini bisa bermanfaat bagi ibu, dan mohon doanya bacakan Alfatih untuk Pak Harto dan Ibu Tien Soeharto, ya” ucap Titiek Soeharto.

Erni pun terlihat senang menerima paket sembako dari keluarga besar Pak Harto ini.”Terima kasih, Ibu Titiek,” ujarnya.

Berlanjut ke kontrakan Bilal, anggota paguyuban boneka seni TMII. Terlihat Bilal beserta istri dan anaknya berdiri diteras kontrakannya menyambut Titiek Soeharto.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya ini menyapa Bilal dengan ramah. “Assalammuallaikum, ini ada paket sembako dari keluarga Pak Harto, semoga berkah dan bermanfaat,” ujarnya.

Bilal membalasnya,”Terima kasih Ibu atas bantuannya. Saya berharap Covid-19 sirna, TMII buka lagi dan saya bisa kerja lagi penghibur pengunjung TMII, biar ada pemasukan untuk keluarga,” paparnya.

Selama TMII tutup sementara, Bilal mengais rezeki ojol, tapi sepi peminat. “Bantuan dari presiden, saya tidak dapat. Ojol juga sepi, tapi tetap bersyukur dan alhamdulillah dapat bantuan sembako dari Ibu Titiek Soeharto,” ujarnya.

Usai foto bersama Bilal dan keluarga kecilnya, Titiek Soeharto berlanjut mengunjungi kontrakan Umar.

Umar adalah pensiunan pemain boneka seni TMII. Dan, kini profesinya dilanjutkan oleh kedua anaknya, Awal dan Suryaman.

“Assalammuallaikum, ini Bapak pekerja seni boneka juga?” tanya Titiek Soeharto dengan ramah.

“Saya sudah pensiun jadi badut TMII, dan anak saya yang lanjutin profesi saya itu, Awal dan Suryawan. Jadi, kami ini keluarga badut TMII, Ibu,” kata Umar.

“Ohhh..penerusnya anak-anaknya, Pak. Kalau begitu kita foto bareng yuk,” ajak Titiek Soeharto.

Dengan penuh kehangatan, Titiek Soeharto berfoto bersama keluarga Umar dan Maman Setiawan di depan kontrakan Umar.

“Tetap semangat, jaga kesehatan dan jangan lupa selalu pakai masker, ya. Mudah-mudahan Covid-19 cepat berakhir,” imbuhnya.

Usai berfoto, putri Presiden Soeharto berpamitan kepada mereka. Dalam perjalanan menuju mobil yang terparkir di jalan raya, dari area kontrakan paguyuban boneka seni TMII dan jamu gendong TMII, Titiek Soeharto terus menyapa mereka dan warga sekitarnya. Bahkan, anak-anak kecil yang ada di area itu pun disapa ramah.

“Hai.. udah berapa lama nggak sekolah?” sapa Titiek Soeharto kepada anak-anak itu.

“Kalau dia mah belom sekolah. Hmmm. Kalau saya udah lama nggak sekolah diliburin, Covid-19,” jawab seorang anak.

Langkah kaki Titiek Soeharto dan tim pun tak terasa sudah berada di ujung gang Hikmah, tepian jalan raya pintu 2 TMII bawah. Kemudian Titiek Soeharto menuju mobil dan naik, hingga kendaraan itu berlaju untuk menembus lokasi perkebunan Edamame di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Di perkebunan itu, Titiek Soeharto akan membagikan paket sembako kepada para petani penggarap kebun Edamame dan warga sekitarnya yang kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Lihat juga...