Transmisi COVID-19 di Sulut Masih Berlangsung

Ilustrasi Virus Corona Foto: ANTARA

MANADO – Transmisi atau penjangkitan COVID-19 di Sulawesi Utara (Sulut) hingga Rabu (27/5/2020) masih terus berlangsung. Terutama terjadi pada saat masyarakat beraktivitas.

“Hal ini diindikasikan dengan masih ditemukannya kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19,” sebut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH, di Manado, Rabu (27/5/2020).

Dampak penjangkitannya adalah, banyak angka kematian dalam kasus tersebut. Terutama terjadi pada orang-orang dengan penyakit penyerta. Karena itu diharapkan masyarakat, yang melakukan aktivitas di luar rumah dan berpotensi membawa virus ke dalam rumah, untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Harapannya, agar saudara, teman, sahabat, anggota keluarga yang memiliki penyakit penyerta terhindar dari fatalitas. “Gugus tugas selalu mengingatkan masyarakat yang sampai saat ini masih beraktivitas di luar rumah untuk mematuhi protokol yang ada,” ujarnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan yaitu, terus memakai masker, memakai sarung tangan, serta mematuhi anjuran bersih diri, sebelum bergabung dengan keluarga. “Kita sendiri mungkin tidak bergejala karena daya tahan tubuh sehingga terlindungi, tapi kita bisa menjadi jembatan virus masuk ke dalam rumah kita,” sebutnya.

Secara akumulatif (data hingga Rabu, 27 Mei 2020 pukul 20:32 wita) warga yang terjangkit COVID-19 di Sulut mencapai 281 orang. Sebanyak 38 orang telah dinyatakan sembuh, dan 34 orang dilaporkan meninggal dunia selama mendapatkan perawatan. (Ant)

Lihat juga...