UMBY Luncurkan Aplikasi SIA Mobile Berbasis Android

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sebagai upaya memudahkan kegiatan pembelajaran akademik bagi mahasiswa, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) me-launching aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) berbasis mobile android, bertempat di kampus setempat, Selasa (12/05/2020). 

Kepala Biro Information & Communication Technology (ITC) UMBY,  Albert Yakobus Chandra, S.Kom.,M.Eng, mengatakan inovasi berupa SIA Mobile UMBY bagi mahasiswa ini dapat diunduh langsung oleh pengguna platform Android dan IOS sejak dikenalkan kepada para mahasiswa pada bulan Mei 2020.

“Seperti kita ketahui, di dalam era industri 4.0 saat ini semua industri berlomba-lomba untuk melakukan inovasi dalam sistem informasi yang digunakan untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan. Tak berbeda dengan dunia pendidikan, perkembangan dan inovasi harus dilakukan dalam setiap sistem informasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan akademik,” tutur Albert yang juga merupakan dosen Fakultas Teknologi Infomasi UMBY.

Dengan aplikasi ini, lanjutnya, mahasiswa dapat mengetahui jadwal perkuliahan, jadwal ujian, status semester, pengumuman dari kampus dan alarm notifikasi kepada mahasiswa sebagai pengingat jadwal kuliah.

“Notifikasi ini akan meningatkan mahasiswa secara otomatis setiap satu jam sebelum kuliah, sehingga mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini akan seperti memiliki asisten pribadi yang mengingatkan akan jadwal kuliah,” jelasnya.

Suasana peresmian atau launching aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIA) berbasis mobile android, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bertempat di kampus setempat, Selasa (12/05/2020). -Foto Jatmika H Kusmargana

Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, M.Si, MM menambahkan adanya SIA Mobile Ini diharapkan dapat membantu mahasiswa UMBY dalam melaksanakan kegiatan akademik, dan menunjukan perkembangan UMBY dalam bidang teknologi informasi di era industri 4.0. Apalagi pada saat-saat seperti sekarang ini, wabah Covid-19 sedang melanda Indonesia dimana semua kegiatan harus dilakukan dengan online, maka adanya SIA mobile ini benar-benar bermanfaat.

Menurut rektor tidak akan ada kendala, karena smartphone saat ini bukan barang mewah. Dan hampir kebanyakan orang memilikinya apalagi mahasiswa.

“Tentu aplikasi ini ke depannya masih akan kita sempurnakan lagi, yang tujuannya tak lain adalah peningkatan dan kemudahan pelayanan akademik melalui pelayanan berbasis digital dangan android,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa UMBY, Ade Fajar, dari Fakultas Petemakan angkatan 2017 menyambut gembira adanya aplikasi ini. Ia menilai aplikasi ini akan sangat membantu mahasiswa.

“Manfaatnya, mahasiswa nggak perlu repot lagi masuk ke website SIA UMBY. Dengan aplikasi ini sekarang kita tinggal sekali klik aja status informasi akademik sudah tertera di aplikasi tersebut, mulai dari jadwal kuliah, jadwal ujian, dan status semester.” ujarnya.

Sedangkan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, lne Shinta Dewi menyebut adanya fitur notikasi jadwal perkuliahan akan membantu mengingatkan mahasiswa jika ada kelas perkuliahan. D samping itu tampilan UI atau user interface yang sangat simpel, menurutnya juga membuat SIA mobile ini mudah digunakan oleh semua mahasiswa.

Sebagai informasi, selama pandemi virus corona, UMBY membuat sejumlah kebijakan baik itu terkait kegiatan akademik dan kemahasiswaan, keuangan hingga kegiatan sosial. Selain mengganti perkuliahan tatap muka dengan kuliah e-learning hingga 1 Juni, UMBY juga sudah melaksanakan Ujian Tengah Semester, pembimbingan skripsi, konsultasi hingga penerimaan mahasiswa tahun 2020 secara online.

Tak hanya itu, untuk meringankan beban mahasiswa, UMBY juga membuat kebijakan terkait kegiatan UTS semester genap 2019/2020 dimana mahasiswa aktif bisa mengikuti ujian tanpa harus mengikuti ketentuan keuangan yang berlaku. Termasuk membebaskan sumbayan pembangunan akademik.

“Mahasiswa baru nantinya juga tidak akan diberlakukan denda keterlambatan pembayaran SPP. Sementara untuk mendukung perkuliahan online kita juga memberikan bantuan pulsa bagi seluruh mahasiswa aktif sebesar Rp150 ribu per bulan,” ungkap rektor.

Satu hal yang juga patut diapresiasi adalah dibentuknya Satgas Covid-19 UMBY yang bertugas mengumpulkan dan menyalurkan bantuan pada mahasiswa terdampak wabah Covid-19. Sampai saat ini UMBY sudah menyalurkan bantuan untuk ke tiga kalinya. Donasi ini berasal dari alumni, pimpinan maupun seluruh pegawai UMBY yang merupakan kampus yang didirikan adik kandung Presiden RI ke-2, Alm Probosutedjo tersebut.

Lihat juga...