Yayasan Damandiri Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Corona di DIY

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Didirikan Presiden Kedua RI, HM Soeharto, sejak 24 tahun silam, Yayasan Damandiri tak pernah berhenti membantu masyarakat miskin di berbagai pelosok desa di Indonesia. Tak terkecuali di tengah situasi sulit akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19 saat ini.

Untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, Yayasan Damandiri melalui sejumlah koperasi binaan yang tersebar di sejumlah daerah menyalurkan bantuan pangan berupa paket sembako gratis pada warga miskin terdampak Virus Corona pada akhir April 2020 lalu.

Khusus di wilayah DIY saja total tercatat ada sebanyak 2654 paket sembako gratis yang dibagikan pada sebanyak 2654 kepala keluarga. Seluruh paket sembako tersebut dibagikan di sebanyak 4 desa binaan yakni Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML). Mulai dari Desa Argomulyo Bantul, Trirenggo Bantul, Tamanmartani Sleman, dan Krambilsawit Gunungkidul.

Di Desa Argomulyo tercatat ada sebanyak 850 paket sembako yang dibagikan melalui Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo.

Di Desa Trirenggo sebanyak 721 paket sembako dibagikan melalui Koperasi Gemah Ripah Trirenggo. Sementara di Desa Tamanmartani sebanyak 500 paket sembako dibagikan melalui Koperasi Tamanmartani Sejahtera. Sedangkan di Desa Krambilsawit ada sebanyak 583 paket sembako dibagikan melalui Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit.

Manajer Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan paket sembako dari Yayasan Damandiri untuk disalurkan pada masyarakat di Desa Trirenggo.

Manajer Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah (baju hitam), nampak dalam kegiatan penyaluran bantuan paket sembako gratis dari Yayasan Damandiri kepada warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo Bantul, belum lama ini. Foto: Jatmika H Kusmargana

Ia menyebut ke-721 paket sembako tersebut dibagikan pada warga secara menyeluruh baik yang telah menjadi anggota koperasi maupun non-anggota koperasi.

“Ini kali pertama Koperasi Gemah Ripah Trirenggo bersama Yayasan Damandiri menyalurkan bantuan sembako pada warga terdampak Covid-19 di Desa Trirenggo. Sebelumnya pada tahun 2018 lalu kita juga pernah menyalurkan bantuan serupa pada warga korban banjir akibat siklon Cempaka,” ungkapnya.

Bantuan paket sembako yang disalurkan Yayasan Damandiri pada warga tersebut terdiri dari sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, telur ayam, hingga minyak goreng. Diharapkan adanya bantuan paket sembako ini dapat membantu meringankan ekonomi warga khususnya yang terdampak Virus Corona.

Pasalnya, tak sedikit warga di Desa Trirenggo saat ini tak lagi memiliki penghasilan akibat tak bisa bekerja semenjak pandemi Virus Corona mewabah di Indonesia.

Khususnya warga yang bekerja di sektor informal seperti pedagang, buruh harian, pekerja kerajinan, dan sebagainya.

Lihat juga...