Damkar Jaksel Disinfeksi 10 Kecamatan Secara Serentak

Petugas Damkar Jakarta Selatan menggunakan mobil unit pemadam menyemprot disinfektan di jalan protokol wilayah Jakarta Selatan, Minggu (31/5/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jakarta Selatan, melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di 10 kecamatan, Minggu (31/5/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menuju tatanan normal baru. Penyemprotan disinfektan tersebut melibatkan 65 personel, dari 10 sektor Damkar yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

Setiap kecamatan melakukan penyemprotan menggunakan mobil unit pemadam kebakaran (high presure) berkapasitas 10.000 liter sebanyak tiga unit dan mobil medium presure berkapasitas 4.000 liter sebanyak lima unit, untuk menyemprot jalan-jalan protokol, fasilitas umum dan pemukiman warga. “Seluruh sektor kita libatkan, di Jakarta Selatan ada 10 sektor, total ada 65 personel dikerahkan,” kata Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Helbert Plinder Luan, Minggu (31/5/2020).

Terhitung mulai Mei, Damkar Jakarta Selatan kembali melakukan penyemprotan disinfektak ke sejumlah wilayah menyasar fasilitas umum dan fasilitas sosial. “Setiap hari kita lakukan penyemprotan disinfektan, khusus Minggu (31/5/2020), dilaksanakan serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta termasuk Jaksel,” kata Helbert.

Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di wilayah Jakarta Selatan, menghadapi era normal baru di tengah pandemi COVID-19. Pelaksanaan penyemprotan tahap II dilaksanakan oleh Damkar, berkoordinasi dengan kelurahan dan jajaran terkait, untuk pengawalan proses disinfektan di jalan protokol dan lingkungan.

Pada tahap pertama penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Damkar dimulai sejak 14 Maret 2020. Total wilayah sudah disemprot sebanyak 429 titik. Dan pada April dilakukan penyemprotan di 59 titik.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran Jakarta Barat melakukan penyemprotkan disinfektan di delapan ruas jalan utama di wilayahnya. “Penyemprotan didukung delapan unit pompa dengan 40 orang anggota,” kata Kepala Seksi Operasi Damkar Jakarta Barat, Eko Sumarno, Minggu (31/5/2020) secara terpisah.

Penyemprotan dilakukan dari perbatasan Tangerang hingga Jalan Letjen S. Parman, tepatnya di perbatasan lampu merah Slipi. Satu ruas jalan dilakukan disinfeksi oleh lima petugas damkar. Titik pertama penyemprotan dilakukan di rute perbatasan Tangerang sampai dengan Sumur Bor Jalan Daan Mogot.

Kemudian bergerak ke ruas jalan kedua di Cengkareng, yakni rute Sumur bor sampai dengan Lampu merah Pesing Daan Mogot. Ruas jalan ketiga yang didisinfeksi, rute lampu merah Pesing Jalan Daan Mogot sampai lampu merah Tomang di Jalan Letjen S. Parman, dari Kebon Jeruk lampu merah Tomang sampai dengan lampu merah Slipi Jalan Letjen S. Parman.

Titik kelima penyemprotan disinfektan dilakukan di lampu merah Slipi, sampai dengan lampu merah Tomang Jalan S. Parman. “Titik keenam akan dilakukan di lampu merah Tomang Jalan Letjen S. Parman sampai dengan lampu merah Pesing Jalan Daan Mogot. Selanjutnya dari Pesing terus lakukan penyemprotan di Jalan Daan Mogot hingga perbatasan Tangerang,” ujar Eko. (Ant)

Lihat juga...