Hari ini Sejumlah Sekolah di Yogyakarta Gelar Ujian

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Mulai hari ini, sejumlah sekolah negeri baik itu tingkat dasar (SD) maupun menengah (SMP) di Yogyakarta menggelar ujian online Penilaian Akhir Tahun (PAT). Ujian online ini digelar sejumlah sekolah sebagai bagian pembiasaan anak didik untuk tetap belajar secara serius meski di tengah situasi pandemi.

Salah satu sekolah yang menyelenggarakan PAT pada hari ini adalah SMP Negeri 9 Yogyakarta. Kepada sekolah setempat, Sugiharjo, mengatakan menggelar PAT secara online selama satu minggu untuk semua mata pelajaran dimulai pada hari ini, Kamis (4/6/2020).

“Penilaian Akhir Tahun atau PAT ini merupakan kebijakan tiap sekolah. Sehingga bisa diselenggarakan ataupun tidak. Selain itu jadwalnya juga bisa berbeda-beda tergantung masing-masing sekolah,” ujarnya kepada Cendana News, Kamis.

Menurut Sugiharjo, pihak sekolah menyelenggarakan PAT ini lebih kepada upaya membiasakan anak didik untuk tetap belajar di rumah selama situasi pandemi Covid-19. Dengan ujian ini maka anak didik akan dibiasakan untuk senantiasa melakukan evaluasi belajar baik itu membaca buku atau pun mengerjakan soal.

“Kita menggunakan Google Form. Jadi anak mengikuti ujian online dengan masuk ke Google Form. Di situ mereka akan mengerjakan sejumlah soal yang sudah kita buat dengan batasan waktu sekitar 90 menit,” ungkapnya.

Bagi siswa yang kesulitan mengakses internet, maka pihak sekolah memberikan kemudahan. Yakni dengan mengambil soal manual dalam bentuk kertas ke sekolah untuk kemudian dikerjakan di rumah, dan nantinya dikumpulkan kembali ke ke sekolah.

“Solusi bagi siswa yang kesulitan mengakses internet, orang-tuanya bisa datang ke sekolah mengambil soal. Nanti soal dibawa pulang dan dikerjakan anak di rumah masing-masing,” katanya.

Sementara itu hal yang sama juga dilakukan SD Negeri Pujokusuman Yogyakarta. Hari ini sejumlah siswa mengerjakan ujian PAT di rumah masing-masing. Hanya saja ujian tidak dilakukan secara online. Melainkan dengan cara meminta orang tua mengambil soal ke sekolah.

“Ya kita diminta mengambil soal ke sekolah untuk ujian anak-anak. Jadi anak-anak hanya perlu mengerjakan soal tersebut di rumah. Tidak perlu ke sekolah,” ujar salah seorang wali murid/orang tua siswa, Prima.

Lihat juga...