Jelang Bergulirnya Liga, PSMS Medan Gelar Rapid Test

Logo PSMS Medan – Foto Ant

MEDAN – Manajemen PSMS Medan melakukan rapid test atau tes cepat, kepada seluruh pemain dan ofisial tim. Hal itu dilakukan menjelang pelaksanaan program pelatihan, yang akan digelar mulai Senin (8/6/2020).

Manajer tim PSMS Medan, Mulyadi Simatupang mengatakan, pihaknya mengagendakan rapid test kepada pemain Senin (8/6/2020)  pagi. Dan sore harinya, para pemain langsung megikuti agenda latihan.

“Hari ini (Kamis, 4/6/2020) kami memanggil dan mengumpulkan pemain, khususnya pemain asal Kota Medan. Pertama rencana memulai latihan PSMS, tentu butuh persiapan di balik kondisi COVID 19. Ada tahapan pemain, khususnya dari Medan yakni dengan melakukan rapid test. Sedangkan pemain dari Jawa ada prosedur yang harus diikuti sebelum melakukan pemanggilan,” terang Mulyadi, Kamis (4/6/2020).

Manajemen akan mendatangkan dokter dari Dinas Kesehatan Sumut, yang akan melakukan pemeriksaan dan telah ditunjuk dr David Pangaribuan untuk melakukannya. David menyebut, rapid test dilakukan untuk mengetahui apakah pemain yang akan diperiksa dalam kondisi reaktif atau non reaktif. “Jika reaktif maka pemain akan langsung menjalani Swab Test dan diisolasi mandiri selama dua pekan, sambil menunggu hasil Swab dari rumah sakit. Tapi jika non reaktif maka pemain sudah bisa mengikuti program latihan,” terang David.

Tim dokter PSMS Medan, dr Indra Feriadi menambahkan, jika hasilnya non reaktif, pemain bisa langsung bergabung bersama tim untuk mengikuti latihan. Kendati demikian, protokol kesehatan tetap harus menjadi perhatian semua pihak saat menjalankan latihan. Ketentuan seperti, social distancing, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, harus dijalani oleh semuanya. “Ini demi preventif lebih jauh. Intinya jangan jadikan covid sebagai stigma negatif,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...