Kalender F1 Terdampak COVID-19, Sochi Siap Menggelar Dua Balapan

Duo pebalap Ferrari Sebastian Vettel (depan) dan Charles Leclerc, saat membalap dalam seri GP Rusia Formula 1 2019 di Sirkuit Sochi Autodrom, Sochi, Rusia, pada 29 September 2019 – Foto Ant

JAKARTA – Penyelenggara Grand Prix Rusia menyatakan, mereka terbuka untuk menggelar dua balapan beruntun di Sochi, Rusia, musim ini.

Hal itu dapat dilakukan, untuk menambah jumlah seri di kalender Formula 1, yang terdampak pandemi COVID-19. F1 telah mengeluarkan revisi kalender musim, yang terdiri dari delapan balapan di daratan Eropa.

Diawali dua balapan beruntun di Austria pada awal Juli. Namun, Rusia belum termasuk di jadwal baru itu. Sochi memiliki sirkuit yang menempati Olympic Park, yang digunakan untuk perhelatan Olimpiade musim dingin 2014.

Sirkuit Sochi, di kalender awal F1, seharusnya menggelar balapan F1 pada 27 September nanti. Di tengah ketatnya prosedur kesehatan karena pandemi, Sirkuit Autodrom Sochi menawarkan sejumlah keuntungan. Sirkuit tersebut terletak dekat dengan bandara dan wisma atlet, yang memudahkan penyelenggara jika harus melakukan isolasi. ROSGONKI, selaku promotor Grand Prix Rusia menyatakan, mereka sedang melihat sejumlah opsi.

“Infrastruktur Sochi dan pengalaman dari perusahaan promotor memungkinkan kami mempertimbangkan kemungkinan menggelar dua balapan F1. Akhir pekan balapan biasanya masih menjadi opsi utama. Akan tetapi, jika dibutuhkan, penyelenggara siap untuk alternatif,” demikian pernyataan resmi ROSGONKI, Kamis (4/6/2020).

Sejauh ini empat penyelenggara, Australia, Monako, Belanda dan Prancis, telah menarik diri dari kalender F1 tahun ini. Sedangkan sejumlah balapan di negara-negara lainnya masih ditunda. F1 berharap bisa menggelar balapan di luar daratan Eropa, seperti Asia dan Amerika Serikat, jika pandemi mereda dan situasi memungkinkan. Mereka berencana mengakhiri musim di Timur tengah, dengan seri penutup di Abu Dhabi pada Desember. (Ant)

Lihat juga...