Kawasan Kali Lueng Aneuk Ayee Aceh Barat Disulap Menjadi Pusat Ekonomi

Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS, saat berdiskusi dengan pedagang ikan yang berjualan di pinggir kali Lueng Aneuk Ayee, Kompleks Pasar Induk Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat, Kamis (28/5/2020) – Foto Ant

MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, berencana melakukan penataan kali Lueng Aneuk Ayee Meulaboh sebagai pusat perekonomian dan jajanan rakyat.

Kebijakan tersebut untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah setempat. Tidak hanya itu, penataan saluran air di Lueng Aneuk Ayee Meulaboh, juga diharapkan dapat mewujudkan Aceh Barat sebagai salah satu daerah yang akan dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, untuk mendapatkan Adipura.

Sekaligus menciptakan kota yang sehat, bersih dan nyaman. “Nantinya, pemerintah daerah akan menutup bagian atas saluran air tersebut dengan pengecoran secara permanen, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan areal tersebut untuk berdagang tanpa mempengaruhi fungsi kali dan aliran air,” kata Bupati Aceh Barat, Ramli MS, di Meulaboh, Senin (1/6/2020).

Upaya tersebut dilakukan, agar ke depan masyarakat yang selama ini berjualan di pinggir jalan di sekitar Kompleks Pasar Induk Bina Usaha Meulaboh, bisa mendapatkan lapak pasar yang selama ini sudah disediakan oleh pemerintah daerah.

Hal itu juga sebagai salah satu strategi pemerintah daerah, untuk mengurai kemacetan di kompleks pasar. Sekaligus melakukan penataan pasar agar lebih bersih dan sehat. “Kalau pada siang hari bagian atas kali tersebut dijadikan sebagai tempat parkir, pada malam hari lapak ini bisa dipakai untuk berjualan aneka jajanan rakyat,” tambah Ramli MS.

Salah satu program kerja Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yaitu, mendorong agar pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat kecil, ke depan semakin lebih baik. Hal ini tentunya memerlukan peran pemerintah daerah, untuk menyediakan sarana. “Sehingga masyarakat leluasa mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...