Konsumsi Ikan Berkualitas Tingkatkan Imunitas Tubuh

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Menjaga daya tahan tubuh, merupakan hal yang paling utama dalam menghadapi berbagai penetrasi kuman, virus maupun bakteri di tubuh kita. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti ikan yang berkualitas baik. 

Penggiat Kesehatan dr. Lula Kamal menyatakan tubuh membutuhkan asam lemak esential setiap harinya. Sementara asam lemak ini, tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia secara mandiri.

“Karena itu kita membutuhkan asupan dari luar.  Salah satunya adalah ikan. Di mana kandungan nutrisinya bukan hanya asam lemak esensial saja, seperti omega-3 dan omega-6, tapi juga mineral dan vitamin,” kata Lula dalam salah satu webinar Ikan Berkualitas Tingkatkan Imunitas, Jumat (5/6/2020).

Ia memaparkan, dalam ikan terkandung mineral fosfor, kalium, besi, seng, magnesium, selenium, kobalt, iodin dan florin.

“Dan ada vitamin A, D dan E yang berada dalam lemak ikan. Vitamin D dan E, sifatnya sama dengan Vitamin C, yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga ketiga vitamin ini sering digunakan dalam terapi bagi perawatan COVID 19. Serta, vitamin B1, B2 dan B6,” ujarnya.

Penggiat Kesehatan dr. Lula Kamal
dalam webinar Ikan Berkualitas Tingkatkan Imunitas, Jumat (5/6/2020). -Foto Ranny Supusepa

Lula menyebutkan, semua ikan memiliki manfaat bagi tubuh. Yaitu untuk menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan kesehatan otak, memenuhi kebutuhan asupan vitamin D dan melindungi mata dari penurunan fungsi karena faktor penuaan.

“Kita tidak cuma bicara ikan Salmon saja. Tapi semua ikan.  Tidak ada yang bilang, kalau ikan patin tidak mengandung nutrisi yang sama. Atau ikan kembung, tidak sebaik ikan Salmon. Semua ikan sama memiliki nutrisi,” ucapnya tegas.

Selama, ikan tersebut berkualitas baik maka ikan akan dapat menjadi sumber peningkatan imunitas tubuh.

“Ikan yang berkualitas baik itu yang gimana?  Ikan yang kandungan gizinya tidak berubah selama proses penangkapan hingga saat akan dikonsumsi serta tidak terkontaminasi zat berbahaya. Sehingga penting untuk memastikan, kondisi dan mutu ikan yang akan dikonsumsi,” ujarnya.

Kepala Balai Uji Standar Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BUSKIPM) Woro Nur Endang Sariati menyatakan bahwa sudah menjadi komitmen BUSKIPM untuk memberikan public awareness tentang kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan.

“Saat ini seluruh sektor di Indonesia didorong untuk mendukung program pemerintah dalam menanggulangi COVID 19, sesuai dengan kapasitas dan kekhasannya. Sehingga kami terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mutu ikan,” kata Woro di kesempatan yang sama.

Salah satu kegiatan, yang dilakukan oleh BUSKIPM adalah menyalurkan produk perikanan melalui beberapa titik untuk memastikan ketersediaan asupan protein bagi masyarakat.

“Peran aktif kami adalah menyediakan asupan protein, dengan menyalurkan ikan, sehingga bisa membantu masyarakat menjaga imunitas tubuhnya,” pungkasnya.

Lihat juga...