Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon Maksimalkan Potensi Lokal

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, menyambut baik hampir rampungnya proses pembangunan dua unit usaha baru berupa objek wisata taman bunga serta warung cafe Damandiri dalam waktu dekat ini.

Pengelola koperasi pun berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga kedua unit usaha tersebut bisa di-launching dan dibuka bagi wisatawan. Mereka juga bertekad akan memaksimalkan potensi lokal desa Dieng Kulon untuk memajukan dua unit usaha di bidang pariwisata tersebut.

“Kita, koperasi, selaku pihak yang nantinya akan mengelola, berharap warung cafe serta taman bunga dapat memaksimalkan potensi lokal yang ada di Dieng untuk kemajuan unit usaha ini. Sehingga sangat diperlukan kerjasama dan komunikasi termasuk selama proses pembangunan,” ujar Manajer Umum Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, Amanullah, belum lama ini.

Amanullah mencontohkan, taman bunga dapat memanfaatkan beragam jenis bunga indah yang tumbuh di kawasan Dataran Tinggi Dieng untuk ditanam. Pasalnya selain dapat mengenalkan potensi keanekaragaman hayati kawasan Dieng, dari sisi pengelolaan, menanam tanaman lokal juga lebih mudah perawatannya.

“Dengan menanam tanaman lokal, wisatawan luar daerah yang berkunjung ke taman bunga, akan bisa mengenal beragam bunga indah asal Dieng ini. Dari sisi kecocokan, tanaman lokal juga akan lebih mudah bertahan hidup karena sudah sesuai iklim dan kondisi di Dieng. Sehingga tidak mudah mati,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2019 lalu, Yayasan Damandiri menjadikan Desa Dieng Kulon sebagai desa binaan melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Koperasi Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon dibentuk sebagai pengelola program Desa Cerdas Mandiri Lestari Dieng Kulon.

Selain mendirikan unit usaha simpan pinjam Tabur Puja (Modal Kita), Yayasan Damandiri juga membangun dua unit usaha baru berupa taman bunga dan warung cafe. Saat ini proses pembangunan kedua unit usaha tersebut telah berjalan 70-90 persen.

Adanya unit usaha di bidang pariwisata ini diharapkan akan mampu menggerakkan ekonomi di sekitar Desa Cerdas Mandiri Lestari Dieng Kulon. Yakni dengan memaksimalkan potensi pariwisata yang ada.

Lihat juga...