Liga 1 Dilanjutkan, Bali United Prioritaskan Protokol Kesehatan

Pelatih Bali United, Stefano "Teco" Cugurra – foto Ant

JAKARTA – Penerapan protokol kesehatan yang ketat, untuk mencegah penularan COVID-19, harus menjadi prioritas utama jika kompetisi liga sepak bola di Indonesia kembali bergulir pada Oktober mendatang.

“Saya pikir bagus jika Liga bisa mulai tahun ini. Tapi bagi saya yang terpenting adanya protokol kesehatan yang baik, saat tim latihan dan jalani pertandingan,” ujar Pelatih Bali United Stefano “Teco” Cugurra, Kamis (4/6/2020).

PSSI sudah mewacanakan untuk melanjutkan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 mulai Oktober 2020. Usulan tersebut dipaparkan dalam rapat virtual PSSI, yang diikuti PT Liga Indonesia Baru, serta pihak klub. PSSI mengklaim, semua klub setuju untuk menggulirkan kembali liga dengan protokol kesehatan yang ketat.

Di samping itu, PSSI juga menyarankan semua klub Liga 1 dan 2 untuk bermarkas di Pulau Jawa. “Semua perangkat pertandingan dan semua tim harus dijaga kesehatannya, agar saat latihan dan pertandingan semua sehat dan berjalan dengan aman,” kata Teco.

Meski sudah ada informasi perihal opsi liga, Teco tak akan terburu-buru mengumpulkan para pemain. Dia akan mencoba berkonsultasi dengan jajaran manajemen, perihal penerapan protokol kesehatan. Ia ingin, sebelum berkumpul para pemain juga menjalani tes kesehatan terlebih dahulu. Hal itu sebagai bentuk antisipasi menghindari resiko penularan. “Mengenai jadwal latihan, saya akan berdiskusi dengan Manajemen. Menurut saya yang terpenting adanya protokol kesehatan. Semua pemain dan ofisial tim, sebelum balik latihan harus dites kesehatan terlebih dahulu agar semuanya berjalan baik,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...