Melawan Rasisme, Mercedes Tampil Dengan Livery Hitam

Mobil Mercedes W11 berbalut livery hitam untuk musim 2020 – Foto Ant

JAKARTA – Tim Mercedes F1, Senin (29/6/2020) meluncurkan livery baru untuk mobil F1 mereka di tahun ini, yang akan berbalut warna hitam. Livery baru sebagai salah satu kampanye tim melawan rasisme dan mempromosikan keberagaman.

Oleh karenanya, para fan tak akan lagi melihat warna perak, yang menjadi ciri khas Mercedes, di badan mobil W11, ketika musim Formula 1 restart di Austria akhir pekan nanti. “Rasisme dan diskriminasi tidak punya tempat di masyarakat, olahraga dan tim kami. Ini adalah keyakinan inti di Mercedes. Tapi memiliki keyakinan yang benar dan pola pikir yang benar tidak lah cukup jika kita tinggal diam,” kata kepala tim Mercedes, Toto Wolff, seperti dilansir laman resmi Mercedes, Senin (29/6/2020).

“Kami ingin menggunakan suara kami dan platform global kami untuk bersuara, untuk penghormatan dan ekualitas, dan Silver Arrow akan membalap dengan warna hitam sepanjang musim 2020, untuk menunjukkan komitmen kami terhadap keberagaman yang lebih luas di tim dan olahraga kami,” bunyi lebih lanjut pernyataan di laman resmi Mercedes.

Perhatian dunia dalam beberapa pekan terakhir tertuju kepada kasus kematian George Flyod, warga kulit hitam asal Amerika Serikat, yang terbunuh karena aksi kebrutalan polisi di Minneapolis. Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, satu-satunya pebalap kulit hitam di grid F1-pun kemudian kerap menyuarakan dukungannya terhadap perang melawan rasisme dan turun ke Jalanan di London untuk ikut aksi Black Lives Matter.

Kasus Floyd tersebut pun memicu berbagai aksi protes di berbagai negara maupun di media sosial. F1 juga meluncurkan inisiatif tagar WeRaceAsOne di seri pembuka nanti, sebagai komitmen mereka untuk mempromosikan keberagaman di olahraga motorsport.

Lihat juga...