Menelisik Aktivitas Tagana di Tengah Pandemi Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

Jakarta — Di tengah wabah Covid-19, sejumlah aktivitas gencar dilakukan Taruna Siaga Bencana (Tagana), seperti melakukan sosialisasi, edukasi, penyemprotan disinfektan, pembuatan kampung siaga Covid-19, dukungan psikososial, layanan dapur umum sampai pemakaman jenazah Covid-19, dan masih banyak lagi yang dikerjakan.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyampaikan apresiasi atas peran serta Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu pemerintah memerangi Covid-19. Dia mengatakan, salah satu peran Tagana adalah memakamkan jenazah.

“Tagana yang merupakan relawan sosial telah mendedikasikan dirinya untuk kemanusiaan, mereka bekerja tanpa pamrih, mereka bekerja tak kenal lelah, Tagana adalah Pahlawan Kemanusiaan,” ujar Juliari melalui jejaring media sosial WhatsApp yang diterima Cendana News, Rabu (10/6/2020).

Mensos memantau aktivitas anggota Tagana dari group WhastApp Tagana Indonesia, memberikan motivasi dan arahan terkait apa yang dilakukan oleh para Tagana.

“Saya monitor aktivitas mereka (Tagana), sejak awal Maret sampai sekarang sudah banyak hal yang mereka kerjakan untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid 19,” katanya.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara saat menyampaikan apresiasi atas peran serta Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu pemerintah memerangi Covid 19. -Foto: M. Fahrizal/HO-Kemensos

Mensos katakan, satu hal yang menjadi tugas yang selama ini belum pernah mereka kerjakan adalah menguburkan jenazah yang meninggal akibat Covid-19, dan dirinya lihat di group ada foto-foto dan video aktivitas mereka sedang menguburkan jenazah di malam hari dengan penerangan lampu senter.

Lihat juga...