Nikmatnya Ayam dengan Aroma Daun Pandan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Ayam merupakan makanan sejuta umat yang banyak dikonsumsi dimana saja. Hanya saja yang membedakan cara pengolahannya. Salah satu olahan yang cukup digemari di Banyumas adalah ayam daun pandan.

Salah satu penggemar ayam daun pandan, Aan Rohaeni di rumahnya Purwokerto, Sabtu (20/6/2020). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Ayam yang dimasak dengan dibungkus daun pandan ini, menghasilkan aroma wangi khas yang menggugah selera. Tak hanya itu, ayam juga bisa dimasak tanpa digoreng, sehingga aman dikonsumsi oleh semua.

Salah satu penggemar, Aan Rohaeni mengatakan, ayam daun pandan ini memasaknya sederhana, namun hasil masakannya menggugah selera makan keluarga.

“Kalau saya lebih suka ayamnya tetap digoreng sebentar, kemudian baru dibungkus dengan daun pandan dan dikukus,” tuturnya, Sabtu (20/6/2020).

Aan menuturkan, cara memasak ayam daun pandan ini cukup mudah. Awalnya diberi bumbu bawang putih, jahe, ketumbar dan kecap serta garam, kemudian didiamkan sebentar. Setelah bumbu dirasa meresap, digoreng sebentar. Setelah itu, satu per satu potongan ayam dibungkus dengan daun pandan dan dikukus.

Untuk melengkapi hidangan, ayam daun pandan ini dilengkapi dengan sambal bawang yang pedas. Bisa juga dipadukan dengan sambal terasi atau lainnya, namun yang pasti hidangan harus dilengkapi dengan sambal.

“Sambal itu wajib kalau makan ayam, kalau saya memilih sambal bawang yang pedas, sebab aroma bawang dari sambal dengan aroma ayam daun pandan sangat pas dipadukan,” katanya.

Penggemar masakan ayam lainnya, Eviyanti mengatakan, ia juga sering memasak ayam dan salah satu pilihannya adalah ayam daun pandan. Namun, ia lebih suka ayam langsung dikukus dengan daun pandan dan tidak digoreng terlebih dahulu. Hal tersebut untuk meminimalkan kandungan lemak pada ayam.

“Langsung dikukus dengan dibungkus daun pandan juga enak, karena ayam potong itu tidak perlu dimasak terlalu lama, sehingga cukup dikukus saja sudah matang. Asalkan bumbunya lengkap, dijamin rasanya juga tidak kalah dengan yang digoreng terlebih dahulu,” katanya.

Selain lezat, ayam daun pandan ini juga kaya akan protein, zat besi serta berbagai macam vitamin serta lemak.

Lihat juga...