Pasien Sembuh Covid-19 ini Kembali Berkumpul Bersama Keluarga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Sebanyak 6 orang pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh setelah dua kali swab hasilnya negatif mengaku senang bisa kembali ke rumah mereka dan berkumpul kembali bersama anggota keluarga mereka.

Enam orang yang sudah dinyatakan sembuh tersebut yakni Maria Nona Dince dari Kecamatan Waigete, Yovita Marsiana Yudit dari Hewokloang, Maria Maryedni Chuchanty dari Lela, serta Rudini, Yanti Asmiyanti dan Abdur Rohim dari Kecamatan Alok.

“Saya merasa senang bisa berkumpul bersama suami, anak dan anggota keluarga lainnya di kampung,” kata Maria Nona Dince, salah seorang pasien yang sembuh asal Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, NTT, saat ditanyai, Rabu (3/6/2020).

Pasien positif Covid-19 asal Desa Hoder Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka, NTT, Maria Nona Dince yang telah dinyatakan sembuh saat ditemui di RS TC Hillers Maumere, Rabu (3/6/2020). Foto: Ebed de Rosary

Dince sapaannya mengatakan, dirinya telah menjalani karantina terpusat sejak tanggal 7 April bersama dengan suami, seorang anaknya dan adik perempuannya.

Mereka berangkat dari Kalimantan menggunakan kapal Pelni KM. Lambelu dan setelah bersandar di Maumere langsung dikarantina di gedung Sikka Convention Center (SCC).

Selama menjalani karantina di ruang isolasi dirinya mengaku tetap beraktivitas menyapu, mengepel dan melakukan bersih-bersih di dalam ruangan isolasi.

“Saya bilang kepada petugas kebersihan agar tidak usah membersihkan kamar saya. Biar saya saja yang membersihkannya agar ada aktivitas,” tuturnya.

Dince mengakui selama di ruang isolasi pihaknya mendapatkan pelayanan dengan baik termasuk makan dan minum juga terjamin dan bergizi.

Pasien positif yang dirawat tambahnya, juga mendapatkan obat-obatan dan vitamin serta buah-buahan sehingga bisa cepat sembuh.

“Saya berterima kasih kepada para perawat yang telah merawat kami selama menjalani isolasi di rumah sakit. Saya harapkan teman-teman yang lain juga tetap semangat dan menjalani aktivitas selama di ruang isolasi dan yakinlah bisa sembuh dari penyakit ini,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Martina Bunga, yang datang menjemput warga di RS TC Hillers mengaku warga desanya telah siap menerima kedatangan Dince yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Martina mengaku tetangga sekeliling rumah Dince juga sejak semalam sudah menunggu kedatangannya namun akhirnya pulang karena pelepasan mereka diundur hari ini, Rabu (3/6/2020).

“Suami, anak dan adik perempuannya juga selama ini menjalani karantina mandiri di rumah mereka. Masyarakat tidak menolak kedatangan Dince karena dirinya sudah sembuh dan hasil tesnya pun dua kali negatif,” tuturnya.

Disaksikan Cendana News, pemulangan para pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 di RS TC Hillers Maumere berlangsung haru.

Para pasien yang dijemput keluarga dan kepala desa diantar oleh petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menggunakan mobil ambulans ke rumah mereka.

Setiap pasien yang sembuh diberikan surat keterangan sehat dari RS TC Hillers dan sertifikat sehat dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT.

Lihat juga...