Pelayaran di Barat Aceh Sepi

Anak Buah Kapal (ABK) Teluk Sinabang bersiap melepaskan tali kapal, sesaat kapal akan bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh di kawasan Desa Gampong Cot, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat – Foto Ant

MEULABOH – Jumlah pengguna jasa kapal ke wilayah pulau terluar Provinsi Aceh tujuan Sinabang, Kabupaten Simeulue dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat masih sepi, pada Senin (1/6/2020).

“Untuk keberangkatan hari ini (Senin,1/6/2020) jumlah penumpang yang tercatat berangkat 61 orang, dari total kapasitas penumpang kapal mencapai 400-an penumpang,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Romi Masri, Senin (1/6/2020).

Padahal, di hari biasa sebelum Idul Fitri, jumlah penumpang yang berangkat ke wilayah pulau terluar dari daratan Aceh tersebut, rata-rata mencapai diatas 100 hingga 150 orang, untuk setiap kali keberangkatan. Pada pelayaran Minggu (31/5/2020) lalu, penumpang yang menggunakan jasa pelayaran dari Pulau Simeulue, Aceh ke Meulaboh mencapai 130 orang.

Jika dibandingkan di hari biasa, jumlah penumpang yang berangkat dari pulau terluar di setiap kali keberangkatan dari pulau terluar ini mencapai lebih dari 150 hingga 200 orang. “Mungkin karena masih banyak masyarakat yang libur atau belum memulai aktivitas, kemungkian hal ini menjadi penyebabnya,” tambah Romi Masri.

Jadwal pelayaran dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat ke wilayah pulau terluar Simeulue, Aceh dilayani selama dua kali sepekan pada Senin dan Rabu. Sedangkan sebaliknya dari Sinabang ke Meulaboh dilayani pada Minggu dan Selasa, menggunakan Kapal Motor Teluk Sinabang. (Ant)

Lihat juga...