PPDB Bekasi Jalur Zonasi Dibuka Mulai Hari Ini

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap kedua tingkat SMA, SMK, SLB di Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk jalur zonasi dimulai hari ini, Kamis (25/6/2020). 

Adapun jumlah peserta didik di masing-masing sekolah disesuaikan dengan kapasitas ruang belajar (Rumbel) atau pengajuan kouta penerima peserta didik baru. SMA Negeri 2 Kota Bekasi sendiri, jumlah peserta jalur zonasi tersedia mencapai 180 orang peserta didik baru.

“SMA Negeri 2 Kota Bekasi, membuka untuk jalur zonasi mencapai 180 orang. Sesuai kapasitas rumbel yang diajukan yakni mencapai 10 Rumbel,”ungkap Ade Nur Arifin, Humas SMA Negeri 2 Kota Bekasi dikonfirmasi Cendana News.

Dikatakan bahwa total jumlah penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 2 Kota Bekasi tahun ajaran 2020/2021, mencapai 380 orang dengan kapasitas 10 rumbel.

Dari jumlah tersebut lanjutnya 50 persen sudah dibuka untuk jalur khusus seperti afirmasi, tenaga pendidikan, kesehatan, prestasi kejuaraan serta perpindahan orang tua.

Ade Nur Arifin, Humas SMA Negeri 2 Kota Bekasi dikonfirmasi Cendana News, Kamis (25/6/2020). -Foto: M. Amin

Menurutnya, untuk jalur khusus sudah ditutup semua pendaftar sudah melakukan daftar ulang. Dari total jumlah tersebut hanya ada dua tidak terisi yakni dari jalur tenaga kesehatan.

“Untuk jalur khusus seperti afirmasi sudah ditutup. Dibukanya masing-masing dibagi atas cluster seperti 25 persen dibagi dua untuk jalur afirmasi 10 persen, tenaga kesehatan, pendidikan dan jalur perpindahan tersedia hingga 15 persen,” tukasnya.

Selanjutnya untuk jalur prestasi juga disediakan 25 persen dan dibagi dua kedalam dua kluster. Saat ini penerimaan jalur zonasi dengan kuota jumlahnya lebih besar yakni mencapai 50 persen.

“Jalur zonasi diatur, jarak tempuh di sekitar sekolah SMA Negeri 2 Kota Bekasi. Syaratnya hanya zonasi tidak dihitung dari nilai, tapi KK minimal sudah berdomisili paling sedikit setahun. Artinya KK domisilinya harus sejak 25 Juli 2019,” tegas Ade.

Lebih lanjut Ade, mengatakan bagi peserta didik yang tidak lolos seleksi tahap pertama, dapat mengikuti PPDB tahap kedua melalui sistem zonasi.

“Bagi yang belum keterima di sistem pilihan tahap satu mulai hari ini hingga 1 Juli bisa mendaftar kembali ditahap II, di SMA Negeri 2. Mekanismenya pun sama dengan sebelumnya pendaftaran tahap satu melalui online,” ucapnya.

Diakuinya pendaftaran PPDB Online di SMA Negeri 2, tahap awal terlaksana maksimal tanpa kendala berarti. Karena sekolah hanya menerima pengambilan berkas untuk pengisian soal pendaftaran langsung tingkat provinsi.

Sebelumnya Sekretaris I PPDB Jabar 2020, Dian Penisiani, melalui live streaming, menyampaikan bahwa untuk verifikasi pendaftaran tahap dua jalur zonasi akan dimulai 2 Juli 2020. Untuk pengumuman hasil direncanakan dilaksanakan pada 8 Juli 2020.

“PPDB tahap dua fokus jalur zonasi, peserta didik bisa memilih dua sekolah terletak di zona yang sama dengan jurusan tersendiri. Ada pun yang harus disiapkan sama dengan sebelumnya yakni, KK, KTP dan nilai rapor,” jelasnya.

Lihat juga...