Purwokerto Kaya akan Hidangan Soto yang Sehat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Jika berkunjung ke Kota Purwokerto, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi hidangan soto. Sebab Kota Satria ini kaya akan varian yang dipenuhi sayuran menyehatkan.

Setidaknya ada empat jenis yang mempunyai kekhasan masing-masing. Mulai dari soto legendaris Jalan Bank yang sudah ada sejak tahun 1970-an, soto ayam Ajibarang yang juga sudah ada sejak puluhan tahun silam, hingga soto Sokaraja dan soto rempah yang kaya akan rempah.

Uniknya dari empat jenis tersebut, meskipun laris-manis, namun mereka tidak membuka cabang di luar Purwokerto. Bisnis kuliner khas Banyumas yang turun-temurun ini, berusaha mempertahankan rasa khasnya.

Soto ayam Jalan Bank misalnya, dikenal dengan sebutan Jalan Bank karena berlokasi di jalan yang terdapat bank pemerintah. Pendirinya adalah H Loso dan sekarang diteruskan oleh anak-anaknya. Warung soto Jalan Bank hanya terdapat dua, sama-sama di Jalan Bank dan letaknya berhadapan.

Ini merupakan soto ayam kampung yang mempunyai kekhasan dilengkapi dengan kerupuk mireng. Porsinya tidak terlalu banyak, namun sudah mampu membuat perut kenyang. Bagi yang terbiasa makan banyak, pasti membutuhkan dua mangkok.

“Suka soto Jalan Bank, karena soto ayam, jadi tidak banyak lemak,” kata salah satu pengunjung, Syena Angkasa, Sabtu (27/6/2020).

Yang juga tak kalah legendaris adalah soto ayam Ajibarang. Meskipun berada di luar Kota Purwokerto, namun kelezatannya tetap diburu. Kekhasannya adalah hidangan yang dilengkapi dengan telur dan ati ampela ayam dan tentu saja dengan daging ayam kampung. Meskipun begitu, porsinya pas di perut, karena bahan lainnya seperti tauge, mie bihun dan kerupuk tidak terlalu banyak.

Berikutnya soto rempah rempah. Sesuai dengan namanya, makanan ini dimasak dengan aneka bumbu rempah yang sudah jarang digunakan orang untuk memasak. Bumbu-bumbu rempah yang digunakan untuk memasak kuah sangat lengkap, mulai dari sereh, daun salam, kayu manis, cengkeh, kapulaga, kunyit, jahe, jinten dan lain-lain.

“Biasanya pelanggan yang beli soto, ketika melihat banyak bumbu rempah yang dipajang, sebagian ada yang tanya manfaatnya, kemudian membeli bumbu rempah,” kata Ibu Yati, pemilik soto rempah.

Terakhir, jika menginginkan dalam porsi jumbo dan dilengkapi daging sapi serta jeroan, soto Sokaraja menjadi pilihannya. Warung ini meski berada di jalan desa, namun ramai diburu pembeli. Warung soto yang sudah tutup pada pukul 14.00 WIB ini, juga hanya ada dua, berlokasi di jalan desa yang sama, yaitu Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja.

Terlepas dari menggunakan daging ataupun ayam kampung, makanan soto dari Banyumas ini sebenarnya sangat rekomended dan sehat. Sebab, semua penuh dengan aneka jenis sayuran.

Lihat juga...