TMII Kembali Dibuka untuk Umum

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Suasana di pintu utama TMII, terlihat komunitas sepeda dan pengunjung lainnya mengunjungi TMII pada hari pertama dibukanya kembali Miniatur Indonesia ini, pada Sabtu (20/6/2020). Foto: Sri Sugiarti.

JAKARTA — Setelah tutup hampir tiga bulan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka untuk umum pada hari ini, Sabtu (20/6), dengan tetap menerapkan standar operasional prosedur (SOP) new normal.

Direktur Operasional dan Pengembangan TMII, Maulana Cholid saat memimpin upacara apel pagi di Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Foto: Sri Sugiarti

Direktur Operasional dan Pengembangan TMII, Maulana Cholid berharap pembukaan pertama TMII kembali operasional selama masa transisi pandemi Covid-19 menuju new normal atau kenormalan baru, dapat berjalan dengan baik.

“Ini Sabtu Pahing tanggal 20 Juni 2020 merupakan hari baik pembukaan pertama TMII di masa transisi Covid-19 menuju new normal. Mudah-mudahan hari pertama ini, kita semua diberikan keselamatan oleh Allah SWT, dalam melaksanakan tugas,” ungkap Maulana di Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Dia mengingatkan semua petugas TMII dalam menjalankan tugasnya untuk selalu berpedoman kepada panduan protokol kesehatan operasional Covid-19.

“Diharapkan seluruhnya untuk bisa mempedomani protokol Covid-19 dalam melaksanakan tugas di masing-masing unit, terutama di pintu masuk yang sangat berisiko bagi petugas maupun pengunjung,” ujarnya.

Menyambut operasionalnya kembali, segala persiapan telah dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung. Seperti penyemprotan disinfektan secara rutin, dan bahkan tim Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melakukan penyemprotan massal di seluruh kawasan TMII.

Penyemprotan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan virus Covid-19.

Simulasi protokol kesehatan juga telah dilakukan kepada seluruh karyawan TMII, terkhusus petugas pintu. “Beberapa waktu lalu, kita telah lakukan simulasi dan harapan kita, apa yang telah kita laksanakan dalam simulasi bisa hari ini diterapkan sesuai dengan pedoman kesehatan Covid yang sudah kita sepakati bersama,” imbuhnya.

Terpenting lagi, semua petugas akan diukur suhu tubuhnya saat sebelum absen kerja dan setelah bekerja.

Adapun pelayanan lainnya, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi menuju new normal ini, TMII memberikan tiket promo buy one get one atau beli satu dapat dua tiket.

Tiket promo ini berlaku sejak tanggal 20-30 Juni 2020. Promo ini berlaku untuk tiket pintu masuk dan seluruh wahana di TMII, yang dibuka pada tahap pertama ini.

Hari pertama dibuka tepatnya pukul 08.20 WIB, saat pintu gerbang utama TMII dibuka, terlihat pengunjung memasuki pintu. Sebagian dari mereka ada yang mengendari mobil, motor, dan bersepeda.

Sebelum pintu gerbang dibuka, mereka dengan sabarnya menunggu di depan gerbang dengan tetap menjaga jarak.

Anwar, salah satu pengunjung mengaku senang TMII telah dibuka kembali, sehingga dia bersama teman-teman komunitas sepeda bisa goes keliling TMII, lagi.

“Alhamdulillah TMII hari ini buka lagi, saya sangat senang bisa goes lagi ini sama teman-teman di sini. Tentu kita tetap taat peraturan kesehatan,” ujar Anwar kepada Cendana News.

Demikian juga Dita, mengaku senang TMII telah operasional lagi di masa transisi PSBB ini. Dia berharap pandemi Covid-19 segera sirna, sehingga semua kegiatan budaya dapat berjalan normal kembali seperti dulu.

“Ini pan masa transisi new normal, pasti ya acara budaya di TMII juga dibatasi, sedih ya. Saya berharap Covid-19 cepat berakhir, biar ramai gelar budaya lagi,” ujar Dita yang datang bersama suami dan kedua anaknya yang duduk di kelas 5 SD dan 4 SD.

Lihat juga...