TNI Membangun Desa Wujudkan Ketahanan Nasional

PALEMBANG  – Komandan Korem 044/Garuda Dempo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa sebagai upaya untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Hal ini karena dengan adanya TMMD untuk meningkatkan kebersamaan dengan semangat gotong royong, kata Danrem, di Palembang, Selasa, terkait pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI.

“Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong-royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional,” ujar Danrem.

Lebih lanjut dia mengatakan, bukan itu saja tetapi dengan adanya TMMD juga membuka akses daerah terpencil.

Oleh karena itu TMMD tujuan akhirnya untuk menciptakan ketahanan nasional.

Kegiatan TMMD ini diharapkan seluruh sasaran benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan dapat mengangkat roda perekonomian daerah setempat, kata dia.

Sehubungan itu koordinasi dengan seluruh dinas terkait di wilayah TMMD agar saling mendukung sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan.

“Jaga nama baik TNI dan pegang teguh Kemanunggalan TNI -Rakyat,” ujar Danrem.

Sebagaimana Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni dalam laporannya menjelaskan, dalam pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI yang  dilaksanakan di Desa Sarang Elang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, nanti ada dua sasaran yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Pelaksanaannya selama satu bulan mulai tanggal 30 Juni hingga 29 Juli 2020 dengan sasaran fisik di antaranya pembuatan jalan sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar 7 meter, jalan ini menghubungkan desa Sarang Elang dan Desa Pulau Negara.

Selain itu pembangunan beberapa gorong gorong yang akan dipasang untuk drainase air, serta rehab dua buah Masjid yaitu di Desa Sarang Elang dan Desa Pulau Negara.

“Sedangkan kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan agama, bela negara, kesehatan dan gizi, pertanian dan peternakan serta penjelasan bahaya narkoba,” tambah dia. (Ant)

Lihat juga...