Warga Sumut Tidak Disiplin Jalankan Protokol COVID-19

Satuan Brimob Polda Sumatera Utara melakukan penyemprotan disinfektan besar-besaran di berbagai titik di Kota Medan. Hal itu dikarenakan semakin meningkatnya kasus COVID-19 di wilayah tersebut. (ANTARA)

MEDAN – Meningkatnya secara terus menerus jumlah pasien positif COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut), mengindikasikan warga daerah tersebut tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Jumlah pasien positif COVID-19 naik signifikan. Di 3 Juni jumlah pasien positif masih sebanyak 444 orang. Sementara di 6 Juni sudah mencapai 605 orang. “Jumlah pasien positif COVID-19 di Sumut per tanggal 6 Juni sudah menembus 605 orang, ” ujar Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID -19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah, di Medan, Sabtu (6/6/2020).

Aris menyebut, agar tidak bertambah terus, warga diminta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mulai dari tetap menghindari kerumunan, atau bahkan tetap di rumah kalau tidak ada kepentingan mendesak.


Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID -19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah – Foto Ant

Kemudian tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan dan serta memenuhi asupan gizi yang cukup. “Walau jumlah pasien sembuh meningkat, tidak otomatis mengindikasikan virus corona melemah. Jadi warga harus tetap waspada,” tandasnya.

Data GTPP COVID-19 Sumut mengungkapkan, pasien sembuh ada 178 orang. Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 123 orang , Orang Dalam Pantauan (ODP) 553 orang serta meninggal 47 orang.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara mengumumkan hingga Sabtu (6/6/2020) terjadi peningkatan sangat tajam terhadap jumlah pasien positif COVID-19 di wilayah tersebut. (Baca: https://www.cendananews.com/2020/06/hingga-sabtu-kasus-covid-19-di-sumut-naik-signifikan.html) (Ant)

Lihat juga...