Yayasan Damandiri Persiapkan Unit Usaha Baru di Dieng Kulon

Editor: Makmun Hidayat

BANJARNEGARA — Adanya pandemi Covid-19 sejak beberapa waktu terakhir, ikut mempengaruhi proses pembangunan unit usaha baru KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, di Desa Cerdas Mandiri Lestari Dieng Kulon Batur Banjarnegara Jawa Tengah. 

Dua unit usaha yakni Warung Cafe Damandiri dan objek wisata Taman Bunga yang rencananya akan di-launching pada April lalu pun terancam mundur hingga waktu yang belum dipastikan.

Manager Umum KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, Amanullah mengatakan hingga saat ini kedua unit usaha tersebut masih dalam proses pembangunan. Meski begitu, dalam waktu dekat proses pembangunan akan segera rampung.

“Untuk taman bunga proses pembangunan sudah mencapai 90 persen. Sedangkan untuk warung mencapai 70 persen. Bangunan dan atapnya sudah jadi. Tinggal menyelesaikan sejumlah hal seperti interior,” katanya kepada Cendana News belum lama ini.

Meski hampir rampung, Aman sendiri mengaku belum dapat memastikan kapan kedua unit usaha Koperasi itu bisa mulai berjalan. Pasalnya adanya pandemi Covid-19 yang membuat kawasan wisata Dieng ditutup, jelas tidak akan memungkinkan untuk menjalankan usaha di sektor pariwisata semacam itu.

“Karena kawasan wisata Dieng ditutup, dan tidak ada wisatawan yang berkunjung, jelas dua unit usaha berupa warung cafe dan taman bunga belum bisa dibuka dalam waktu dekat ini. Kita hanya berharap pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir,” ungkapnya.

Keberadaan unit usaha koperasi berupa Warung Cafe Damandiri serta objek wisata Taman Bunga di Desa Cerdas Mandiri Lestari Dieng Kulon Batur Banjarnegara sendiri diharapkan dapat menjadi pemantik pengembangan wisata baru di kawasan wisata dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Hal itu tak lepas karena selama ini, pengembangan wisata di kawasan Dieng masih cukup terbatas.

Sebagaimana diketahui, Warung Cafe Damandiri serta objek wisata Taman Bunga didirikan Yayasan Damandiri sebagai bagian program Desa Cerdas Mandiri Lestari di Desa Dieng Kulon, Batur Banjarnegara Jawa Tengah.

Taman Bunga serta Warung Cafe Damandiri ini nantinya akan menjadi unit usaha Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon. Selain menjadi sumber pemasukan bagi koperasi, warung ini juga diharapkan akan mampu menggerakkan ekonomi warga desa.

Konsep pembangunan Taman Bunga maupun Warung Cafe Damandiri sendiri nantinya akan dibuat mirip seperti halnya di desa binaan Yayasan Damandiri lainnya, Samiran Selo Boyolali Jawa Tengah. Yakni sebuah unit usaha baru yang modern dan kekinian namun tetap mengusung kearifan dan potensi lokal yang ada.

Lihat juga...