Yonif 100/PS Kirim 600 Personel Amankan Perbatasan RI-PNG

MEDAN — Sebanyak lebih kurang 600 personel Satgas Yonif Raider 100/PS mendapat penugasan untuk mengamankan wilayah perbatasan negara Indonesia – Papua Nugini (PNG) TA 2020.

“Pemberangkatan Satgas Yonif Raider 100/PS menuju daerah penugasan di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua dari Pelabuhan Belawan menggunakan KRI Banjarmasin-592 yang merupakan kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang berada di bawah Kolinlamil TNI AL,” kata Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, dalam sambutannya saat pemberangkatan Satgas Yonif Raider 100/PS, di Dermaga Pelabuhan Belawan, Medan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu.

Ia berpesan kepada personel Satgas Yonif Raider 100/PS untuk menjaga dengan segenap hati dan jiwa raga kepercayaan yang telah diberikan bangsa dan negara.

“Ini merupakan kehormatan dan kebanggaan, dengan harapan mampu mengemban tugas mulia, demi keutuhan dan kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Pangdam juga meminta kepada personel untuk memahami wilayah tugas yang merupakan daerah rawan, baik aksi kelompok bersenjata, pelanggaran lintas batas, penyelundupan maupun pergeseran batas wilayah.

Dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah Papua, khususnya daerah perbatasan, masih sering terjadi aksi kelompok bersenjata yang ingin memisahkan dari NKRI.

“Diperlukan ​​​kewaspadaan, kesiapsiagaan dan kesungguhan dari seluruh prajurit Satgas Raider 100/PS untuk dapat melaksanakan tugas pengamanan di wilayah perbatasan dengan baik,” kata jenderal bintang dua itu.

Pangdam juga memerintahkan kepada seluruh prajurit agar selalu waspada dan siap siaga serta jangan pernah ragu dalam melaksanakan tugas guna menegakkan integritas dan menjaga kedaulatan NKRI sesuai prosedur yang berlaku.

Satgas Yonif Raider 100/PS yang berangkat tugas operasi darat Pamtas RI-PNG TA 2020 ini dengan Komandan Satgas Mayor Inf M Zia Ulhaq yang juga Danyonif Raider 100/PS.

Turut hadir dalam acara tersebut Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI Marinir I Made Wahyu Santoso, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, dan para Dansat BS wilayah Medan. [Ant]

Lihat juga...