Alaves Alami Lima Kekalahan Beruntun, Asier Garitano Dipecat

Asier Garitano, saat masih menjabat pelatih kepala Alaves dan mendampingi timnya menghadapi Atletico Madrid dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Sabtu (27/6/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Alaves pada Senin (6/7/2020) dini hari WIB secara resmi mengumumkan pemecatan Asier Garitano, dari kursi pelatih kepala setelah klub Liga Spanyo. Hal itu terjadi setelah Alaves menelan lima kekalahan beruntun.

Di laga terakhir didampingi Garitano, Alaves menelan kekalahan 0-1 dalam lawatan ke markas Valladolid, di Stadion Jose Zorrilla pada Sabtu (4/7/2020) waktu setempat. Hasil itu menjadi kekalahan keenam Alaves, dalam tujuh pertandingan semenjak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19. “Berdasarkan hasil pertandingan-pertandingan belakangan ini, Alaves memutuskan untuk memecat pelatih kepala Asier Garitano beserta jajarannya,” demikian pernyataan laman resmi Alaves, Seni (6/7/2020) dinihari WIB.

“Kami berterima kasih atas pekerjaan dan dedikasi Garitano beserta jajarannya terhadap klub selama ini serta mendoakan yang terbaik untuk karier mereka di masa mendatang,” tulis pernyataan yang sama.

Alaves belum mengumumkan siapa pengganti Garitano, mengingat klub yang kini mengoleksi 35 poin dan masih dibayangi ancaman degradasi itu, bakal menghadapi pemuncak klasemen sementara, Real Madrid di Stadion Alfredo di Stefano pada Jumat (10/7/2020) waktu setempat.

Liga Spanyol musim ini cukup banyak diwarnai pemecatan pelatih kepala. Nahkan semenjak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19 saja, sudah ada empat pelatih yang dipecat termasuk Garitano. Garitano menduduki jabatan pelatih kepala Alaves sejak 21 Mei 2019. Atau sehari setelah Abelardo Fernandez mengundurkan diri. Selama tenor kepelatihannya, Garitano hanya berhasil mempersembahkan sembilan kemenangan dan delapan hasil imbang dari 35 pertandingan mendampingi Alaves. (Ant)

Lihat juga...