Balikpapan Ganti Bantuan Sembako COVID-19 dengan Uang Tunai

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi – foto Ant

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mengalihkan bantuan sembako tahap bagi warga terdampak COVID-19 menjadi uang tunai. 

Pengalihan dilakukan untuk penyaluran bantuan di tahap tiga dan empat. “Rencananya yang tahap tiga dan empat ini tunai, dialihkan dari paket bahan makanan menjadi uang tunai yang besarnya Rp450 ribu,” jelas Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Rabu (15/7/2020).

Dirincikan oleh Wali Kota Rizal, bantuan tunai tersebut dari tahap tiga dan empat masing-masing senilai Rp200 ribu. Kemudian masih ditambah dana sisa bantuan paket bahan makanan sebelumnya. Ada pun jumlah penerima bantuan tunai tersebut mencapai 52 ribu Kepala Keluarga (KK), dari sebelumnya 64 ribu KK yang ada di daerah tersebut.

Sementara sisa 12 ribu KK, ditanggung oleh Pemprov Kaltim. “Sebab masih ada alokasi dana yang cukup untuk 12 ribu KK tersebut,” lanjut Rizal, yang juga menyebut, saat ini masih dibuatkan surat keputusan untuk pengalokasian tersebut.

Dan tercatat sebelumnya, sudah ada 23 ribu KK warga Kota Balikpapan yang mendapatkan bantuan BSM dari Provinsi Kaltim. Bantuan yang diterima berupa uang tunai Rp750 ribu untuk 3 bulan. (Ant)

Lihat juga...