Bambang: Presiden Soeharto Bangkitkan Semangat Membangun Masjid

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Dewan Komisaris Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Bambang Parikesit, pada acara HUT TMII ke 43, Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto: Sri Sugiarti

JAKARTA — Dewan Komisaris Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Bambang Parikesit mengatakan, Presiden kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto, memiliki nama besar sebagai pemimpin bangsa yang sangat disegani.

Bukti sejarah terpampang sepanjang kepemimpinan Pak Harto dalam membangun bangsa Indonesia di segala bidang, baik itu ekonomi, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, dan lainnya.

Dalam bidang ekonomi, Pak Harto sukses menjadikan Indonesia swasembada pangan dan mendapatkan penghargaan dunia international.

Bahkan sebagai muslim yang taat, HM Soeharto menebarkan keimanan, semangat bersedekah kepada umat muslim untuk membangun masjid.

“Tidak ada pemimpin seperti Pak Harto, sejarah membuktikan atas dedikasi beliau membangun bangsa ini. Keimanan umat dibangkitkan diajak membangun masjid dengan semangat gotong royong bersedekah, 999 masjid dibangun di seluruh Indonesia,” kata Bambang, kepada Cendana News belum lama ini.

Bagi Pak Harto, masjid selain sebagai sarana ibadah, juga merupakan simbol bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan masyarakat muslim dalam ukhuwah islamiyah, yang tak terpisahkan dari kehidupan.

Namun untuk membangun masjid itu disadari diperlukan dana, hingga akhirnya Pak Harto mendirikan Yayasan Amalbhakti Muslim Pancasila (YAMP) pada 1982.

YAMP ini menggerakan rakyat Indonesia yang muslim untuk semangat bersedekah, dimulai dari keiklasan para pegawai negeri untuk dipotong gajinya setiap bulan.

“Buktinya dengan gotong royong bisa kelakon, 999 masjid di seluruh Indonesia dibangun, dan masih terawat dengan baik sampai sekarang,” ujar Bambang.

Bakhan kata dia, pada acara Penghargaan Masjid Yayasan Amalbhakti Muslim Pancasila (YAMP) Terbaik 2019 atau 999 Fastabiqul Kairat’, yang digelar di gedung Granadi, itu banyak masjid yang meraih penghargaan.

Karena masjid-masjid di bawah naungan YAMP telah sukses membangun pemberdayaan ekonomi dengan program-programnya bagi kemaslahatan umat.

Hal itu sesuai pesan Presiden Soeharto, bahwa masjid, selain menjadi sarana ibadah, juga harus menjadi pusat peradaban umat Islam. Masjid harus berfungsi sebagai penggerak budi pekerti dan ahlak islami.

Masjid yang dibangun YAMP harus menjadi penggerak roda pembangunan, menjadi tempat pendidikan berkarakter bagi umat muslim sebagai wadah meningkatkan kualitas bangsa. Masjid harus memberikan manfaat ekonomi, pendidikan, seni budaya, dan lainnya bagi warga yang berada sekitarnya.

“Itu bagus, beberapa masjid dalam naungan YAMP memenangkan perlombaan sebagai masjid terbaik 2019. Saya hadir saat acara penghargaan itu, menyaksikan. Bahkan saat peresmian salah satu masjid yang dibangun YAMP, saya juga hadir,” ujar Bambang Parikesit yang merupakan mantan Direktur Umum TMII.

Dia menegaskan, hingga kini belum ada pemimpin seperti Pak Harto yang segala kehidupannya dalam membangun bangsa ini dirindukan rakyat Indonesia.

“Cari pemimpin seperti Beliau itu susah, belum dapat gantinya,” ujarnya.

Bambang pun mengungkap kenangan ketika bertemu dengan Pak Harto. Yakni menurutnya,HM Soeharto adalah sosok pemimpin yang ramah dan santun dalam bicara, sangat rendah hati.

“Pak Harto itu sangat ramah, kalau dekat Beliau itu, tentram hati kita,” ujar Bambang.

Lihat juga...