Bantai Bournemouth 5-2, MU Rebut Empat Besar Klasemen

Talenta muda Manchester United, Mason Greenwood (kiri), melepaskan tembakan untuk mencetak gol keduanya ke gawang Bournemouth, dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu (4/7/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Manchester United (MU), sukses merebut posisi empat besar klasemen Liga Inggris, setelah membantai tamunya Bournemouth 5-2, di laga pekan ke-33 di Stadion Old Trafford, Sabtu (4/7/2020).

Sempat tertinggal lebih dulu, akibat gol Junior Stanislas, MU bangkit merebut kemenangan lewat dwigol Mason Greenwood, penalti Marcus Rashford, gol Anthony Martial, serta tendangan bebas Bruno Fernandes. Tambahan tiga poin membuat MU kini menempati peringkat keempat, dengan koleksi 55 poin.

Tetapi posisi mereka belum sepenuhnya aman, sebab Chelsea (54) baru main menjamu Watford di laga lebih larut. Sedangkan Bournemouth (27), tertahan di urutan ke-19 atau kedua dari dasar klasemen. Hal itu, membuat tugas mereka kian berat untuk menghindari degradasi.

MU yang sedang berada dalam performa terbaiknya, hampir membuka keunggulan pada menit ke-11, ketika Rashford mengirim umpan terukur yang bisa dikejar oleh Fernandes. Tetapi pemain Portugal itu gagal menaklukkan kiper Aaron Ramsdale, dalam situasi satu lawan satu. Tembakannya melambung di atas mistar gawang.

Tuan rumah justru dikejutkan ketika Bournemouth, yang berhasil mencuri keunggulan lebih dulu di menit ke-15. Tepatnya ketika Stanislas mengolongi kapten Harry Maguire, sebelum menaklukkan kiper David de Gea di area tiang dekat. Gol itu tak membuat mental para pemain Setan Merah melempem. Rashford hampir membalas lewat eksekusi tendangan bebas yang cukup baik, tetapi bola berhasil ditepis oleh Ramsdale di pojok kiri atas gawang.

Pada menit ke-29, MU akhirnya berhasil membuat kedudukan imbang, ketika Greenwood menyelesaikan umpan sodoran Fernandes, dengan tembakan yang tak mampu dihentikan oleh Ramsdale. Empat menit kemudian, wasit Mike Dean menghadiahi tuan rumah tendangan penalti, setelah Adam Smith menghalau bola sundulan Martial dengan tangannya. Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Rashford, yang melesakkan bola ke pojok kanan gawang. Bola tak terjangkau Ramsdale, dan membawa MU berbalik unggul 2-1 di menit ke-35.

Momentum kebangkitan MU terus berlanjut. Di pengujung babak pertama, Martial melakukan satu tusukan sebelum melepaskan tembakan menawan, yang melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang. MU menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1 atas Bournemouth.

Memasuki babak kedua, Bournemouth berupaya keras untuk bangkit, dan hampir terbantu keteledoran umpan balik Maguire yang disambar Lewis Cook. Tetapi De Gea berhasil melakukan penyelamatan gemilang, dan bola muntah yang disepak Arnaud Danjuma masih ditolak tiang gawang. Di menit ke-47, giliran Eric Bailly divonis menyentuh bola dengan tangannya, dan wasit memberi hadiah tendangan penalti untuk Bournemouth, yang sukses dimanfaatkan oleh Joshua King untuk memperkecil ketertinggalan tim tamu 2-3.

Di menit ke-51, Danjuma kadung melakukan selebrasi, setelah menaklukkan De Gea dan menganggap berhasil menyamakan kedudukan. Tetapi gol dianulir, karena ia dinyatakan terjebak offside. Tak mau jadi korban momentum kebangkitan tamunya, MU segera menyerang balik. Greenwood melewati hadangan sejumlah pemain belakang, sebelum akhirnya menaklukkan Ramsdale dari sisi kanan untuk merestorasi keunggulan dua gol tuan rumah pada menit ke-54.

Lima menit kemudian Fernandes menambah keunggulan MU lewat eksekusi tendangan bebasnya, dan wasit serta VAR mengabaikan dugaan Nemanja Matic berdiri di posisi offside untuk menghalangi pandangan Ramsdale. Gol itu menandai kali pertama MU mencetak lima gol atau lebih dalam laga kandang di Old Trafford, sejak Desember 2011. Tensi pertandingan masih panas, dan Rashford melakukan selebrasi sejenak setelah menyontek bola umpan silang ke gawang Bournemouth pada menit ke-65. Tetapi kali ini golnya dianulir oleh wasit dan VAR, karena offside.

MU masih terus berusaha menambah marjin kemenangan mereka, ketika Luke Shaw menyodorkan umpan untuk diselesaikan Martial. Tetapi Nathan Ake melakukan halauan, demi mengusir bahaya untuk gawang tim tamu. Sedangkan umpan silang bagus Rashford gagal disambut siapapun di muka gawang.

Skor 5-2 tak berubah hingga peluit tanda laga usai, mengantarkan MU untuk sementara menduduki posisi keempat klasemen. MU akan mendapat lawan yang cukup mudah di pertandingan pekan ke-34 dengan bertandang ke markas Aston Villa pada Kamis (9/7/2020) waktu setempat. Beberapa jam setelah Bournemouth menjamu Tottenham Hotspur. (Ant)

Lihat juga...