Batasi Pengunjung, Goa Kreo Kembali Beroperasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Goa Kreo menjadi obyek wisata pertama milik Pemkot Semarang, yang resmi beroperasi kembali, setelah sekitar empat bulan ditutup akibat pandemi covid-19.

“Setelah hari Minggu (5/7/2020) lalu, dinilai belum memenuhi syarat untuk dibuka kembali, kemudian kita perbaiki, dan hari ini (Jumat-red), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang sudah memberikan izin, agar obyek wisata Goa Kreo bisa dibuka kembali,” papar Kepala UPTD Goa Kreo, Mamit Sumitra, di Semarang, Jumat (10/7/2020).

Kepala UPTD Goa Kreo, Mamit Sumitra, menjelaskan, usai dibuka kembali, jumlah dan durasi pengunjung selama berada di Goa Kreo akan dibatasi demi pencegahan covid-19, saat ditemui di Semarang, Jumat (10/7/2020). Foto: Arixc Ardana

Dipaparkan, izin diberikan setelah dalam simulasi penerapan protokol kesehatan hingga kesiapan pengelola destinasi wisata tersebut, dinilai sudah memenuhi syarat.

“Selain penerapan protokol kesehatan, seperti kewajiban memakai masker dan menjaga jarak bagi pengunjung. Kita juga menyiapkan empat pos pantau, untuk memantau dan mengingatkan pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan yang dipersyaratkan,” terangnya.

Pihaknya juga membatasi, jumlah dan durasi pengunjung selama berada di Goa Kreo. Menurut Mamit, dalam sekali waktu yang bersamaan maksimal hanya 200 orang. Apabila sudah penuh, pengelola akan menutup loket dan membuka kembali jika sudah ada pengunjung yang keluar area wisata.

“Kita juga batasi durasinya, maksimal hanya satu jam. Kita nilai waktu itu sudah cukup untuk jalan-jalan berkeliling komplek Goa Kreo. Hari ini, tadi kita juga gelar simulasi, berkeliling. Satu jam, saya kira mencukupi,” ucapnya.

Lihat juga...