Bermain Imbang, Bournemouth Petik Poin Perdana

Bek Bournemouth, David Brooks (kiri), berusaha menghadang pergerakan gelandang Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele, dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Vitality, Bournemouth, Inggris, Kamis (9/7/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Bournemouth, akhirnya memetik poin perdana, sejak Liga Inggris dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19. Poin dari hasil menahan imbang tamunya, Tottenham Hotspur 0-0, pada laga pekan ke-34 tanpa penonton di Stadion Vitality, Kamis (9/7/2020) waktu setempat atau Jumat (10/7/2020) WIB.

Bournemouth sebetulnya dua kali menyarangkan bola ke gawang Tottenham, tapi dua kali pula keputusan wasit dan VAR tak memihak dengan menganulirnya. Aehingga laga berakhir nirgol. Dengan tambahan satu poin itu, Bournemouth untuk sementara naik ke urutan ke-18 dengan koleksi 28 poin. Dan kini berjarak tiga poin dari zona aman. Kendati demikian, Bournemouth bisa melorot lagi jika Aston Villa (27) menang atau memetik poin dalam laga yang digelar lebih lambat.

Sebaliknya bagi Tottenham (49), hasil itu hanya cukup mengantarkan mereka naik satu strip ke urutan kesembilan. Setelah sebelumnya, dilompati Sheffield United (51) dan Burnley (49) di sehari sebelumnya. Lima menit memasuki pertandingan, Erik Lamela dan Harry Kane jatuh di dalam kotak penalti tim tamu. Sehingga kubu Tottenham meminta hadiah tendangan 12 pas, tetapi wasit tak mengabulkannya setelah tinjauan VAR.

Pertandingan kemudian sempat terganggu, ketika Jefferson Lerma dan Moussa Sissoko terlibat cekcok. Wasit memberi kartu kuning untuk kedua pemain. Tepat di pengujung babak pertama, Junior Stanislas berhasil melepaskan tembakan menerobos kerumunan pemain di tengah kotak penalti. Tetapi, kiper Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang, sehingga skor tetap imbang ketika kedua tim beristirahat.

Tottenham baru bisa mengancam lima menit setelah babak kedua dimulai. Peluang tercipta lewat situasi tendangan bebas, tak jauh dari kotak penalti. Tetapi eksekusi keras Kane tak bisa menembus pagar hidup. Para pemain kedua tim tampak dilanda kekhawatiran, ketika bek Bournemouth, Adam Smith, terkapar di dekat garis pembatas lapangan. Smith tampak tidak menyadarkan diri, hingga tim medis menandunya keluar dari lapangan dengan selang oksigen bantuan pernapasan.

Pertandingan selanjutnya diwarnai saling serang, meski tak satu pun kubu berhasil memetik hasil. Hingga pada menit ke-85, Callum Wilson mengirim umpan silang yang bisa ditanduk oleh Joshua King. Tetapi hakim garis terlanjur mengangkat bendera pertanda offside. Empat menit kemudian, Bournemouth menganggap mereka sudah berhasil memperoleh keunggulan lewat tendangan akrobatik Wilson, yang bersarang ke area kanan gawang. Sayangnya tinjauan VAR memperlihatkan bola terlebih dulu mengenai tangan King, sehingga gol dianulir.

Wasit Paul Tierney memutuskan memberi injury time 12 menit, sebagai pengganti banyaknya menit yang terbuang di waktu normal. Enam menit memasuki injury time, Bournemouth punya peluang emas untuk mencetak gol penentu kemenangan. Yaitu, ketika King mengirim umpan silang kepada Harry Wilson, yang berdiri bebas. Sayang ia gagal menaklukkan Lloris dalam situasi satu lawan satu. Sebaliknya, Tottenham sempat menciptakan kemelut di depan gawang Bournemouth, tapi tak bisa menghasilkan apapun. Dan pertandingan berakhir imbang nirgol ketika aba-aba bubaran berbunyi.

Kedua tim akan melakoni laga pekan ke-35 masing-masing pada Minggu (12/7/2020), Tottenham menggelar Derbi London kontra Arsenal. Sementara Bournemouth akan menjamu Leicester City di Stadion Vitality. (Ant)

Lihat juga...