Bertemu Titiek Soeharto, Warga Teringat Sosok Pak Harto dan Ibu Tien

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Momen perjumpaan dengan Titiek Soeharto memberi kesan tersendiri bagi warga RT 014/RW 04 Keluarahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Mereka yang mayoritas lansia itu, merasa seperti bernostalgia dengan mendiang Ibu Tien yang dikenal ramah dan peduli terhadap masyarakat kecil.

“Iya nggak nyangka banget gitu, kayak lihat Ibu Tien. Ibu Titiek orangnya ramah dan peduli masyarakat miskin,” ujar Rohani (53), warga setempat yang menerima bantuan sembako dari Keluarga Cendana, Kamis (30/7/2020).

Perasaan serupa juga disampaikan Babeh Rojali (60), Ketua RT setempat yang sejak awal mendampingi Titiek Soeharto menyapa warga. Meski hanya sesaat bersama Titiek Soeharto, tapi Rojali mengaku terkenang dengan sosok Presiden Soeharto yang memimpin Indonesia lebih dari 30 tahun.

“Jadi pikiran saya selama bersama beliau itu selalu ke Pak Harto. Kita yang tua-tua ini memang tak bisa lepas ingatan dari Pak Harto. Beliau itu Presiden yang betul-betul mensejahterakan masyarakat,” kata Rojali.

Rojali melanjutkan, di zaman Pak Harto, kebutuhan masyarakat serba mudah dan murah. Terlepas dari pandangan negatif sebagian kecil masyarakat terhadap Soeharto, menurut Rojali, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya telah berhasil mendatangkan manfaat.

“Dulu waktu zaman Pak Harto hidup enak, semua murah. Apapun yang orang bilang Pak Harto korupsi dan sebagainya itu, yang terpenting kan masyarakat sejahtera. Coba lihat sekarang, korupsi malah tambah banyak dan masyarakat makin susah,” cerita Rojali.

Babeh Rojali, Ketua RT 014/RW 04 yang mendampingi Titiek Soeharto menyapa warga setempat, Kamis (30/7/2020). Foto: Amar Faizal Haidar

Di samping itu, Titiek Soeharto mengaku senang dapat berbagi dan mengunjungi warga setempat. Titiek sempat heran, seperti anomali, ada pemukiman pemulung dan penduduk miskin di sekitar perumahan-perumahan besar di wilayah tersebut.

“Saya senang sekali bisa silaturahmi dengan bapak ibu. Sempet tidak menyangka sebelumnya ada wilayah ini. Padahal di depan itu rumah gedong-gedong semua,” kata Titiek.

Dia pun berharap, paket sembako yang diberikan Keluarga Cendana dapat membawa manfaat bagi warga yang saat ini tengah menghadapi situasi sulit di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga paket ini bisa meringankan beban warga. Dan kita berdoa agar Covid-19 segera berakhir, sehingga kita dapat berkativitas seperti biasa. Ingat, kuncinya kita harus tetap patuh pada protokol kesehatan,” tukas Titiek.

Lihat juga...