BST Tahap III Kemensos di Tanjungpinang Dicairkan

Kantor Pos Cabang Tanjungpinang, Kepri menerapkan jaga jarak bagi penerima bantuan sosial tunai (BST) Kemensos untuk mencegah penyebaran COVID-19 – Foto Ant

TANJUNGPINANG – Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ketiga, senilai Rp953.400.000, kepada 1.589 keluarga kurang mampu terdampak COVID-19 di Kota Tanjungpinang, Kepri.

Penyaluran dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia setempat. “Penyerahan bantuan ini berlangsung sejak 6 Juli hingga 15 Juli 2020,” kata Kepala Kantor Pos Cabang Tanjungpinang, Donny, di Tanjungpinang, Senin (6/7/2020).

BST yang berikan selama tiga bulan berturut-turut, Mei, Juni, dan Juli 2020, nilainya sebesar Rp600 ribu per keluarga per bulan. Sehingga, total nominal yang telah diterimakan kepada masyarakat sebesar Rp1,8 juta per keluarga.

Penerima bantuan yang datang ke kantor pos wajib membawa persyaratan, seperti kartu keluarga dan kertas barcode, yang telah diberikan sejak penyaluran BST tahap pertama. “Jadwal penyerahan BST kita bagi tiga kelompok yaitu, pagi, siang dan sore hari. Hal ini untuk mencegah penumpukan massa di tengah pandemi COVID-19,” jelasnya.

Seorang warga Kelurahan Tanjungpinang Timur, Aulia, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan tunai, karena suaminya yang bekerja sebagai ABK kapal angkutan penumpang terdampak dirumahkan oleh pihak perusahaan. “Sejak COVID-19 keluarga kami tidak punya penghasilan karena suami tidak bekerja, bersyukur sekali ada bantuan tunai ini, paling tidak dapat meringankan biaya hidup sehari-hari,” ujar ibu dari dua anak tersebut.

Warga Kelurahan Tanjung Unggat, Suryanto, yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek juga menghaturkan terima kasih kepada pemerintah, sebab bantuan yang diberikan ini dapat membantu biaya pendidikan seorang anaknya, yang sebentar lagi bakal masuk SMP. “Alhamdulillah, bantuan ini amat bermanfaat bagi keluarga kami, terutama untuk pendidikan anak, mudah-mudahan ke depan semakin ditingkatkan oleh pemerintah,” tutur Suryanto.

Di Kantor Pos Cabang Tanjungpinang, mereka yang datang diwajibkan memakai masker. Di lokasi tersedia tempat mencuci tangan. Petugas juga mengatur jarak antrean penerima bantuan, untuk meminimalkan risiko penularan COVID-19. (Ant)

Lihat juga...