Bungkam Villa 2-0, Liverpool Dekati Rekor Laga Kandang

Penyerang Liverpool, Sadio Mane (tengah), melepaskan tembakan untuk mencetak gol ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (5/7/2020) waktu setempat – foto Ant

JAKARTA – Liverpool mendekati rekor sapu bersih laga kandang Liga Inggris 2019/20, setelah membungkam tamunya Aston Villa 2-0, dalam pertandingan pekan ke-33 di Stadion Anfield, Minggu (5/7/2020) waktu setempat atau Senin (6/7/2020) dinihari WIB.

Gol Sadio Mane dan Curtis Jones, menyokong kemenangan kandang ke-17 Liverpool di musim ini. Kemenangan yang membuat mereka hanya berjarak satu kemenangan lagi dari rekor kemenangan kandang Liga Inggris. Kemenangan tersebut sekaligus membuat Liverpool kian mendekati rekor total poin semusim. Sang juara kini sudah mengkoleksi 89 poin dari 33 pertandingan.

Sedangkan Villa (27) yang berada di urutan ke-18 gagal memanfaatkan peluang untuk mengentaskan diri dari zona degradasi. Posisinya masih tertinggal satu poin di belakang Watford (28). Liverpool tak tampak seperti tim juara, jika menilik penampilan mereka sepanjang babak pertama, yang hanya diwarnai satu tembakan tepat sasaran dari sudut sempit oleh Mohamed Salah. Sebaliknya, Villa terlihat seperti tim yang memang siap berjibaku untuk mengamankan nasib mereka dari ancaman degradasi.

Dan memperoleh satu peluang bagus dari tendangan voli Douglas Luiz, yang sayangnya meski keras tapi masih mengarah tepat ke kiper Alisson Becker. Sisanya, babak pertama tak banyak diwarnai peluang, jika tak mau disebut membosankan dan berakhir imbang nirgol.

Memasuki babak kedua, Villa justru lebih banyak memperoleh peluang. Tetapi tembakan Anwar El Ghazi masih bisa ditepis oleh Alisson. Guna mengubah keadaan, Juergen Klopp melakukan tiga pergantian pemain langsung, dengan memasukkan Jordan Henderson, Roberto Firmino dan Georginio Wijnaldum, masing-masing menggantikan Fabinho, Divock Origi dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Secara umum pertandingan tak banyak berubah, Liverpool menguasai bola, dan kesulitan menembus pertahanan rapat Villa. Hingga akhirnya pada menit ke-71 kebuntuan terpecahkan, ketika Naby Keita berdiri cukup bebas untuk melepas umpan tarik yang bisa disambut tembakan sentuhan pertama Mane.

Bola sempat membentur bagian bawah mistar, sebelum memantul ke dalam gawang. Gol itu melecut semangat para pemain Liverpool, dan lima menit berselang, Firmino hampir mencetak gol perdananya di Anfield musim ini, jika saja kiper Pepe Reina tak melakukan penyelamatan gemilang. Semenit jelang bubaran waktu normal, Liverpool menggandakan keunggulan mereka lewat aksi Jones, yang baru empat menit merumput menggantikan Keita. Jones mampu menyelesaikan umpan sundulan dari Salah.

Gol itu tak ubahnya jadi hadiah perayaan bagi gelandang berusia 19 tahun tersebut, yang sehari lalu baru saja menandatangani perpanjangan kontrak lima tahun di Liverpool. Villa berusaha mencuri gol balasan, tembakan Jack Grealish bisa dimentahkan oleh Alisson dan skor 2-0 bagi juara Liga Inggris itu bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Sang juara akan melakoni laga pekan ke-34 mereka dengan bertandang ke markas Brighton & Hove Albion pada Rabu (8/7/2020) waktu setempat. Sedangkan Villa baru main sehari berselang menjamu Manchester United di Villa Park. (Ant)

Lihat juga...