Cegah Corona Optimalkan Patroli Dialogis Terapkan Protokol Kesehatan

TANAH BUMBU  – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadaman Kebakaran Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan patroli dialogis untuk mengajak masyarakat “Bumi Bersujud” itu lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanah Bumbu, Riduan, di Batulicin, Jumat, mengatakan pemerintah daerah terus berupaya menekan angka kasus COVID-19 dengan menggelar patroli dialogis di mana sasarannya pemilik warung dan jamaah Salat Jumat.

“Patroli dialogis adalah sebagai wujud penegakan surat edaran Bupati Tanah Bumbu dan melakukan imbauan edukasi sebagai langkah awal dan persiapan menghadapi tatanan baru atau ‘new normal’,” katanya.

Dia mengatakan penerapan protokol kesehatan, antara lain terkait dengan menjaga kebersihan tangan, di mana warga harus rajin membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir, membawa cairan pencuci tangan dalam kegiatan sehari-hari.

“Cara mencucinya harus sesuai dengan standar yang ada, yakni meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari,” katanya.

Ia juga mengingatkan warga untuk tidak membiasakan menyentuh wajah, menerapkan etika batuk dan bersin, memakai masker, jaga jarak, melakukan isolasi mandiri setelah bepergian dari tempat yang terpapar COVID-19, dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

“Saat pelaksanaan, anggota Satpol PP juga memberikan imbauan kepada seluruh jamaah Salat Jumat agar membawa sajadah dan masker masing-masing dari rumah,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...