Gulai Tauco Khas Minang, tak Pedas Tapi Menggoyang Lidah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PADANG — Aneka masakan daerah Sumatera Barat memang selalu mendatangkan penasaran. Soal rendang tak usah disebut populer, sekarang ada lagi yang memiliki cita rasa yang tidak kalah menggiurkan, yakni gulai tauco.

Biasanya masakan di Minangkabau, jika soal gulai, rasa pedas yang mungkin jadi anggapan utama sebelum dicicipi. Berbeda dengan gulai tauco, bagi yang menikmati bisa dikatakan tidak ada rasa penas yang ditemukan.

Tapi bukan berarti gulai tauco memiliki rasa manis atau malah hambar saja. Bagaimana rasanya, perlu dikenali dulu bahan-bahan yang digunakan.

Icin, seorang ibu rumah tanggan di Padang, yang juga penggemar, menjelaskan, bahwa gulau tauco itu adalah masakan yang tetap menggunakan santan, tapi tidak mengedepankan soal cabainya. Namun yang menjadi rasa enak di sini adalah sayur buncis segar, tahu, dan tempe, yang di iris-iris.

“Biasanya supaya lebih enak, ada juga yang menambahkan beberapa potongan daging yang juga di iris-iris. Tapi intinya itu gulai tauco ini bukanlah gulai yang pedas,” tegasnya, Sabtu (11/7/2020).

Hal yang membuat Icin memastikan bahwa gulai tauco adalah masakan yang enak tanpa ada rasa pedas, karena bumbu-bumbunya itu lebih mengedepankan sayur-sayuran.

Bahan-bahannya itu adalah buncis dan soal jumlahnya tergantung dari yang ingi membuatnya. Untuk buncis di iris tipis, tujuannya pas di masak nanti buncisnya benar-benar telah matang. Nah yang terpenting itu sediakan 2 sendok makan tauco (ada dijual).

“Tetap ada cabai nya, cuma cabai hijau. Jumlahnya tidak perlu banyak yakni cukup 5 biji saja, dan juga tetap di iris tipis serong. Kalau cuma 5 biji cabai hijau, tentu tidak terlalu membuat orang merasakan pedas,” ujarnya.

Bahan-bahan lainnya itu sediakan dua lembar daun jeruk, dua lembar daun salam, satu batang sereh lalu memarkan, dan satu asem kandis. Jika bisa lengkapi petai dengan jumlah yang tidak terlalu banyak yakni cukup satu papan.

“Yang tidak ketinggalan itu yakni rimbang. Karena gula tauco itu selain ada sayur buncisnya, rimbang juga jadi kompenan yang harus ada. Jika bisa pas dimakan, lengkapi dengan kerupuk kulit,” jelas dia.

Selain bahan-bahan yang perlu disediakan, jangan lupa untuk menyediakan pula bumbu-bumbunya yang dihaluskan terlebih dahulu. Seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kemiri, sedikit terasi, dan di tambah teh ketumbar.

Menurut Icin, jika semua itu telah tersedia, saatnya mulai memasaknya. Untuk wajannya sendiri, sesuai dengan porsi yang di inginkan. Waktu memasaknya pun tidak harus lama, palingan memastikan seluruh bahan dan bumbu benar-benar matang, dan santan kelapa pun telah mendidih.

“Gulai tauco ini paling banyak ditemukan di acara pesta pernikahan, dan untuk sarapan lontong gulai,” sebutnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang menggemari gula tauco menceritakan bahwa masakan gulai tauco adalah masakan yang sederhana, sehat, dan tidak memiliki bahan-bahan memasak yang aneh alias semuanya benar-benar alami dan sayur segar.

“Saya kalau pas menghadiri pesta pernikahan, selalu ambil gulai tauco ini. Enak soalnya,” tegasnya.

Lihat juga...