Hingga Senin, Positif Covid-19 di Indonesia Capai 76.981 Kasus

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia terus mengalami peningkatan dari hari ke hari.

“Sampai hari ini ada penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.282 orang, sehingga jumlah total positif Covid-19 di Indonesia menjadi 76.981 kasus,” kata Juru Bicara Penanganan untuk Covid-19, Achmad Yurianto, saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Selain itu kata Yuri, untuk kasus pasien sembuh, juga terus bertambah dari hari ke hari. Hari ini jumlah kasus sembuh ada kenaikan yang signifikan, yakni sebanyak 1.051 orang. Dengan demikian jumlah pasien sembuh sampai dengan hari ini, sebut Yuri mencapai 36.689 orang.

“Untuk pasien sembuh hari ini ada penambahan sebanyak 1.051 orang, sehingga jumlah total pasien yang sudah sembuh sampai hari ini sebanyak 36.689 orang,” ujarnya.

Sedangkan untuk kasus meninggal kata Yuri, hari ini juga terjadi penambahan kasus meninggal sebanyak 50 orang. Dengan demikian jumlah pasien meninggal sampai hari ini mencapai 3.656 orang.

“Selain itu pasien meninggal hari ini juga ada penambahan sebanyak 50 orang, dengan penambahan pasien meninggal ini, secara akumulasi, sudah ada 3.656 pasien positif Covid-19 yang meninggal,” ungkapnya.

Lebih jauh Yuri mengatakan, penambahan kasus hari ini berasal dari pemeriksaan 13.100 spesimen Covid-19 yang dilakukan di lebih dari 299 laboratorium jejaring. Jumlah ini menurun dibandingkan hari-hari sebelumnya, karena beberapa laboratorium pemeriksa spesimen corona tutup pada akhir pekan.

“Pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 1.282 dalam 24 jam, sehingga per Senin (13/7), total pasien positif mencapai 76.981 orang. Meski demikian, ada kabar baik terkait sejumlah provinsi tak terjadi penambahan kasus positif,” sebutnya.

Ada penambahan 1.282 kasus baru tersebut kata Yuri tersebar di 25 provinsi. Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus tertinggi, yaitu 281 kasus, disusul 219 kasus baru dari Jawa Timur dan 124 kasus baru di Sulawesi Selatan

“Sementara itu, ada 9 provinsi yang tak memiliki penambahan kasus. Yakni, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” ungkapnya.

Yuri menyebutkan bahwa penularan Covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tetap beraktivitas dari rumah masing-masing.

“Kalau ingin ke luar rumah, diharapkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak fisik dengan orang lain, mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah hingga melakukan olahraga teratur,” ungkapnya.

Selain itu Yuri juga mengajak segenap bangsa Indonesia untuk tetap produktif, bangkit secara bersama-sama di tengah pandemi Covid-19.

“Kita harus bangkit bersama-sama, bergotong royong untuk kemudian bisa produktif kembali di tengah situasi pandemi Covid-19 ini,” sebutnya.

Lihat juga...