IOC Berkomitmen Penuh Menggelar Olimpiade di 2021

Seorang warga dengan menggunakan masker berjalan di depan logo Olimpiade dan Paralimpiade 2020 Tokyo pada 19 Maret 2020 – Foto Ant

JAKARTA – Komite Olimpiade Internasional (IOC), tetap berkomitmen penuh untuk menggelar Olimpiade Tokyo di 2021. Dan sedang mempertimbangkan beberapa skenario, agar bisa berlangsung dengan aman.

“Kami tetap berkomitmen penuh untuk merayakan Tokyo 2020 di tahun depan, tepatnya pada bulan Juli dan Agustus,” kata presiden IOC, Thomas Bach, Rabu (15/7/2020).

Jepang dan IOC menunda Olimpiade Tokyo selama satu tahun. Keputusan tersebut dihasilkan Maret lalu, karena situasi pandemi COVID-19. Sejak itu, panitia telah berbicara tentang beragam skenario pelaksanaan, seperti penyederhanaan acara, dan mengurangi biaya. Namun, tetap berupaya untuk memastikan keselamatan atlet.

Bach mengatakan, komisi koordinasi IOC telah melaporkan kinerja yang sangat baik untuk meluruskan niat ini. Rincian lebih mendalam akan diberikan pada konferensi virtual yang akan diagendakan pada Jumat (17/7/2020).

“Seluruh perangkat IOC mengikuti prinsip yang kami buat sebelum penundaan (pada bulan Maret) bahwa prioritas pertama adalah tentang keselamatan semua peserta. Kami terus mengikuti saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan berdasarkan saran ini kami bisa mempersiapkan beberapa skenario. Namun kami tidak tahu situasi kesehatan satu tahun dari sekarang,” tandas Bach.

Bach juga mengatakan, IOC telah setuju dengan Senegal, negara tuan rumah Olimpiade Pemuda 2022, untuk menunda agendanya hingga 2026. (Ant)

Lihat juga...