Jamaah Sholat Idul Adha di Denpasar Dibatasi Akibat Pandemi Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

DENPASAR — Ada yang berbeda dalam perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah kali ini. Di tengah pandemi Covid19, masyarakat muslim di Bali khususnya di Denpasar harus beribadah dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan.

Misalnya, beberapa masjid serta tanah lapang yang biasa dipenuhi oleh orang muslim beribadah tidak dibuka karena alasan menghindari kerumunan. Jika pun ada, jumlah jamaah dibatasi. Masjid Annur Jalan di Penogoro, Kota Denpasar misalnya, dalam kondisi normal, para jamaah bahkan bisa meluber hingga ke bahu jalan Dipenogoro.

Hal serupa juga terjadi di masjid Muhammad Denpasar, masjid yang terletak di jalan Imam Bonjol ini saat pelaksanaan sholat Idul Adha juga dibatasi. Aparat kepolisian serta pecalang dan limbad juga terlihat berjaga untuk memberikan keamanan.

Meski dibatasi, hal ini tidak menyurutkan masyarakat muslim untuk tetap beribadah. Sultan mengatakan, dia beserta keluarga besarnya lebih memilih sholat di lahan parkir di komplek perumahan di kawasan tempat tinggalnya di jalan Pulau Galang, gang Penataran Sari Denpasar Selatan.

Dikatakan, hal tersebut demi mengikuti anjuran Pemerintah demi menekan jumlah kasus akibat Covid-19.

Meskipun tidak sebanyak biasanya, namun hal tersebut menurutnya tidak mengurangi niatannya. Yang terpenting, tetap menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan cara menjaga jarak shaf sholat.

“Insyaallah sama saja. Yang penting kan khusuknya,” ujarnya, Jumat (31/7/2020).

Hal yang sama juga disampaikan Eko, di hari idul Adha ini dia mengharapkan masyarakat dapat mengambil hikmah atas musibah ini. Ikhlas dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Usai melakukan Sholat Idul Adha, dia beserta masyarakat kompleks perumahan tempat tinggalnya saling bersilaturahmi. Yang unik, ada beberapa orang yang menggelar makan bersama dengan menu khas hari raya seperti opor ayam dan lontong sayur.

Dia mengakui, makan bersama seusai pelaksanaan sholat baik Idul Adha mau Idul Fitri sudah berlangsung sejak lama.

“Saya berharap pandemi ini cepat berlalu,” tandasnya.

Lihat juga...