Jasa Pengiriman Ternak Pilih Perjalanan Malam Hari

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Jasa pengiriman atau ekspedisi ternak asal Sumatera tujuan Jawa pilih perjalanan malam hari.

Redian, pengemudi truk asal Natar, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut selama lima tahun ia mengirim ternak sapi milik perusahaan feedloter atau penggemukan. Pilihan perjalanan dilakukan malam hari hindari ternak alami dehidrasi, sakit dan nyaman.

Redian, pengemudi kendaraan pengangkut ternak sapi asal feedloter atau usaha penggemukan sapi di Natar, Lampung Selatan tujuan Tangerang berhenti di kantor karantina Lampung, Selasa (14/7/2020) – Foto: Henk Widi

Satu kali pengiriman Redian menyebut konvoi bersama pengemudi lain total sebanyak tiga kendaraan. Mengirim sebanyak 60 ekor sapi jenis peranakan ongole (PO) setiap kendaraan membawa 20 ekor sapi.

Pesanan ternak sapi akan dibawa ke sejumlah rumah potong hewan (RPH) di wilayah Jakarta. Sebelum berangkat proses pengecekan kesehatan dilakukan pada instalasi kesehatan hewan (IKH).

Lokasi IKH yang ada di feedloter memudahkan proses mendapatkan surat veteriner dari dokter hewan. Selanjutnya ternak sapi akan diangkut melalui jalan tol trans Sumatera menuju pelabuhan Bakauheni. Sebelum naik kapal pemeriksaan, pelaporan dan pembayaran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dilakukan pada kantor Karantina Pertanian kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni.

“Perjalanan dimulai sore hari sehingga sampai di pelabuhan jelang malam sebagian bahkan bisa tiba dini hari sehingga kondisi ternak sapi yang diangkut tetap sehat dan tidak stres,” terang Redian saat ditemui Cendana News, Selasa (14/7/2020).

Rehadian menambahkan ia bekerja dengan mendapatkan uang jalan dan uang untuk pembayaran tiket kapal. Urusan pembelian tiket dengan sistem online dilakukan oleh penyedia jasa penyeberangan. Saat melakukan proses pengurusan dokumen karantina pembelian tiket akan dilakukan. Perjalanan malam hari disebutnya jadi pilihan penyedia jasa pengiriman ternak.

Bejo, pengumudi kendaraan pengangkut kambing rambon asal Pringsewu mengaku berangkat malam hari. Sebelumnya ia pernah mencoba mengirim kambing saat siang hari namun sesampainya di Jakarta ada satu ekor kambing mati. Kondisi cuaca panas dan stres kerap terjadi saat pengiriman hewan ternak. Terlebih kambing yang dibawa bukan ternak peliharaaan miliknya.

Bejo, pengemudi kendaraan pengangkut kambing yang akan dibawa ke Serang, Banten melaporkan dokumen pengiriman ke BKP Kelas I Bandar Lampung, Selasa (14/7/2020) – Foto: Henk Widi

“Biasanya ternak yang akan dikirim telah menjalani proses karantina untuk memastikan kondisi kesehatannya,” beber Bejo.

Jenis ternak kambing dikirim ke Jakarta untuk kebutuhan usaha kuliner sop, sate. Ia menyebut kerap berangkat bersama blantik atau perantara jual beli ternak. Kambing yang dikirim saat malam hari juga diberi pakan rumput sehingga tetap tenang dalam kendaraan. Jelang Iduladha ia memastikan permintaan kambing bisa mencapai lebih dari 50 ekor per pekan.

Harga pasaran kambing untuk kurban saat ini mencapai Rp2 juta hingga Rp2,5 juta. Sementara sapi yang kerap dikirim berbarengan dengan rombongan pengendara pengiriman kambing dijual Rp18 juta hingga Rp20 juta. Bejo menyebut untuk sebanyak 20 ekor kambing yang dibawa ia mendapat uang jalan Rp2 juta. Perjalanan malam hari sekaligus menjaga kondisi ternak sehat untuk dijadikan hewan kurban.

Hardi, petugas BKP Kelas I Bandar Lampung Wilker Bakauheni menyebut pengiriman ternak kerap dilakukan malam hari. Langkah tersebut dilakukan untuk memudahkan proses pengangkutan. Sebab ternak jenis kambing, sapi berpotensi mengalami dehidrasi saat perjalanan siang hari. Pengemudi kerap akan memberikan tambahan minum atau menyiramnya saat tiba di karantina.

Pengiriman ternak jenis kambing, sapi, kerbau dan berbagai jenis hewan wajib melapor ke karantina. Pemeriksaan kesehatan disebutnya telah dilakukan pada IKH yang ada di setiap feedloter. Namun pemeriksaan dokumen dan membayar PNBP akan dilakukan pada kantor Karantina. Pengiriman ternak sebelum Iduladha disebutnya meningkat rata-rata 300 ekor per hari jenis kambing dan sapi.

Lihat juga...